Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Anies Dinilai Politisasi Banjir

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Kautsar Widya Prabowo • 16 Januari 2020 08:51
Jakarta: Peneliti Populi Center Jefrie Ardiansyah menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan politisasi banjir untuk menaikkan elektabilitas. Anies tak pernah memberikan langkah rasional dalam pengendalian banjir.
 
"Dia hanya sibuk menjawab keluhan netizen dan pernyataan yang menurut dia merugikan secara politis. Justru Anies yang mempolitisasi banjir itu," ujar Jefrie seperti dilansir Antara, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Menurut dia, sikap politis Anies terlihat dengan mengunjungi beberapa kawasan terdampak banjir. Dia menyoroti pernyataan-pernyataan Anies saat turun ke lapangan, seperti anak kecil senang saat ada banjir, dan memerintahkan kelurahan berkeliling memberikan peringatan dini terjadinya banjir menggunakan pengeras suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies, kata dia, justru mengabaikan langkah konkret mengatasi banjir. Misalnya, pembuatan situ, waduk, serta penuntasan program naturalisasi sungai.
 
Jefrie juga menilai Anies enggan melanjutkan kebijakan-kebijakan yang berseberangan dengan kepentingan di kalanganya. Hal itu semata untuk membangun citranya di masyarakat.
 
"Anies justru terjebak dalam eksklusivitas populisme. Dia selalu keluarkan statement yang berseberangan dengan pihak yang berseberangan dengannya. Padahal (pemilihan presiden) 2024 masih jauh," pungkas dia.
 
Banjir menerjang wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Rabu, 1 Januari 2020. Luapan air ini diduga akibat intensitas hujan yang sangat tinggi saat malam pergantian tahun.
 
Pada Sabtu, 4 Januari 2020, terdapat 12 kecamatan di Jakarta yang terendam banjir. Jakarta Barat menjadi wilayah yang terparah dilanda banjir. Bencana ini juga membuat puluhan ribu warga Jakarta harus mengungsi dan 16 orang meninggal.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif