Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.

Serapan APBD DKI Masih Kurang 10% dari Target

Nasional apbd dki 2018
Nur Azizah • 28 Desember 2018 19:42
Jakarta: Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI masih kurang 10 persen dari target di dua hari kerja terakhir pada 2018. Berdasarkan situs publik.bapedadki.net, serapan anggaran masih 77,9 persen dari APBD murni Rp75 triliun.
 
Artinya, potensi sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA) APBD DKI 2018 bisa mencapai Rp16,5 triliun. Jumlah ini lebih besar dari tahun sebelumnya, yakni Rp12 triliun.
 
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan pihaknya masih memiliki waktu hingga 31 Desember untuk menyerap anggaran. Proses bakal dikebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai tanggal 31 Desember. Kita masih bisa proses administrasi walaupun hari libur," kata Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 28 Desember 2018.
 
Saefullah menyampaikan, pembayaran masih bisa dilakukan pada Senin, 31 Desember 2018. Ia optimistis angka serapan masih bisa naik mendekati target.
 
Baca: Serapan Rendah, M Taufik Minta TKD SKPD Dipotong
 
"Hari Senin bank masih buka jadi masih ada harapan," imbuh Saefullah.
 
Mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini telah memerintahkan seluruh kepala SKPD untuk mengajukan surat perintah menagih (SPM) agar anggaran bisa terserap. Sebetulnya, lanjut dia, perintah ini sudah dilakukan sejak dua bulan lalu.
 
"Kita minta asisten terkait untuk monitor terus, jangan sampai janji mau diserap tapi tidak. Ini sudah kita maksimalkan sejak dua bulan yang lalu tapi satu bulan terakhir betul-betul kita pantau," pungkas dia.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif