Hujan deras. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Hujan deras. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Curah Hujan Tinggi Landa Jawa Tengah

Nasional hujan cuaca buruk
Kautsar Widya Prabowo • 07 Maret 2019 03:06
Semarang: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, memasuki Maret, Jawa Tengah akan dilanda curah hujan yang tinggi. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) di Samudera Hindia.
 
Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Achadi Subarkah Raharjo menjelaskan MJO merupakan fenomena gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari barat (Samudera Hindia) ke timur dan dapat meningkatkan potensi curah hujan di daerah yang dilaluinya.
 
"Saat ini MJO sedang bergerak melintasi wilayah Jawa Tengah," ujarnya melalui keterangan tertulis,Rabu, 6 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, dideteksi adanya Siklon Tropis “HALEH” di Samudera Hindia dan daerah tekanan rendah di barat daya Jawa Tengah. Membuat daerah pertemuan angin di Jawa Tengah serta memperkuat aliran udara dari arah Asia yang membawa massa udara basah.
 
Adanya kondisi tersebut, dihimbau kepada masyarkat yang berada di Jawa Tengah untuk waspada.Pasalnya berpotensi dapat memicu bencana banjir hingga longsor.
 
"Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tuturnya.
 
Lebih lanjut, masyarakat yang berada dan bertempat tinggal disepanjang jalur pantai, juga harap mawas diri adanya gelombang tinggi. "Gelombang dengan tinggi 0.5 hingga 2.0 meter diprakirakan terjadi di Laut Jawa bagian tengah dan perairan utara Jawa Tengah," pungkasnya.
 
Adapun wilayah - wilayah rawan adalah
Brebes bagian selatan,Tegal bagian selatan, Pemalang bagian selatan, Pekalongan bagian selatan, Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung Magelang, Kab. Semarang, Salatiga, Boyolali, Sragen, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, dan Karanganyar.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif