Penerapan tiket elektronik di bus PPD. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Penerapan tiket elektronik di bus PPD. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Bus PPD Mulai Terapkan Tiket Elektronik

Nasional bus transjabodetabek
Theofilus Ifan Sucipto • 31 Desember 2018 15:49
Jakarta: Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) memulai prarilis sistem pembayaran tiket elektronik (e-ticketing). Tiket bus pun bisa dibayar dengan kartu uang elektronik seperti Flazz dan e-Money. 

"Semua jenis kartu yang dimiliki bapak ibu bisa digunakan di e-ticketing di Perum PPD," kata Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa di Terminal Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 31 Desember 2018.

Perum PPD akan menyediakan satu mesin di tiap bus. Alat itu akan memproses pembayaran dari kartu uang elektronik yang telah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia (BI) atau yang disebut dengan automatic fare collection system (AFCS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Di sela-sela acara itu, Pande memberi kesempatan pada Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono untuk mendemonstrasikan penggunaan tiket elektronik. Bambang masuk ke salah satu bus TransJabodetabek. Baca: Bus Bodong Merugikan Pengguna

Dia lalu menempelkan beberapa jenis kartu pembayaran dari bank yang berbeda. Hasilnya, semua kartu terbaca dan pembayaran berhasil. Pande mengatakan mesin pembayaran sudah mendapat sertifikasi ISO-14443 tipe A dan B untuk pengidentifikasian kartu.

Pande menargetkan sistem pembayaran tiket elektronik ini efektif berjalan paling cepat Januari 2019. "Targetnya akhir Januari atau awal Februari sistem ini bisa diluncurkan dan digunakan sama-sama," jelas Pande.





(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi