BEM Universitas Indonesia (UI) menganggap kebijakan Anies Baswedan inkonsisten soal Reklamasi Teluk Jakarta. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
BEM Universitas Indonesia (UI) menganggap kebijakan Anies Baswedan inkonsisten soal Reklamasi Teluk Jakarta. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Anies Dianggap Tak Konsisten soal Reklamasi

Nasional reklamasi teluk jakarta
Nur Azizah • 25 Juni 2019 07:30
Jakarta: Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mereka mengkritik inkonsistensi Anies terkait reklamasi.
 
Ketua BEM UI, Manik Margana Mahendra mengatakan Anies sudah terperangkap dalam peraturan gubernur yang lama, yakni Pergub Nomor 206 Tahun 2016. Menurutnya, kebijakan Anies merupakan langkah mundur dari komitmennya selama ini.
 
"Ini kemunduran dari komitmen yang diajukan di awal. Yang seharusnya menolak reklamasi justru menggunakan Pergub 206 Tahun 2016 yang itu juga salah satu produk yang ditolak Anies," ungkap Manik di halaman Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 24 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beleid ini yang kemudian dijadikan dasar Anies untuk mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pulau Reklamasi. Manik menyebut kebijakan Anies tak beda dengan gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama.
 
"Itulah yang tidak kami terima dan kami juga lihat bahwasanya komitmen Pak Anies sendiri sama dengan gubernur sebelumnya, yaitu kembali lagi pada reklamasi," ungkapnya.
 
Baca juga: Anies Berkeras Penerbitan IMB Reklamasi Tak Salah
 
Massa aksi pun menuntut Anies untuk menghentikan proyek reklamasi dan menarik Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K). Ia pun menyarankan Anies melibatkan warga setempat untuk merancang ulang desain sehingga menjadi jelas dan tak merugikan warga.
 
Sementara itu, Anies tampak tak peduli dengan kritikan banyak pihak yang ditujukan ke dirinya. Namun, dia juga tak melarang mereka menyampaikan pendapat soal reklamasi.
 
"Semua sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan dan kita hormati. Itu adalah hak setiap warga negara dan kewajiban kita adalah menegakkan aturan," pungkas Anies.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif