Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

2.771 Personel Diterjunkan di Operasi Keselamatan Jaya

Nasional lalu lintas
Siti Yona Hukmana • 29 April 2019 09:27
Jakarta: Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2019 mulai hari ini hinnga Minggu, 12 Mei 2019. Sebanyak 2.771 personel dikerahkan untuk operasi ini.
 
"(Personel) nanti ditambah dari TNI, kemudian Dishub, Satpol PP, dan instansi terkait. Dari Polri kurang lebih 2.300," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Polda Metro Jaya, Senin, 29 April 2019.
 
Menurut dia, Polda tak hanya menurunkan polisi lalu lintas (polantas) saja. Personel dari Direktorat Sabhara dan Direktorat Reserse Kriminal juga dilibatkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusuf mengatakan penempatan ribuan personel akan disesuaikan dengan situasi di lapangan. Ia ingin operasi ini tak menimbulkan kemacetan.
 
"Bisa di Jalan Benyamin Sueb Kemayoran, itu kan lebar di situ. Kalau pun kita melaksanakan kegiatan, enggak macet. Kalau di sini, misalnya Manggala Wanabakti, kita masukkan di sana jadi enggak ganggu kegiatan masyarakat yang lain," ungkap Yusuf.
 
Sementara itu, ada tujuh jenis pelanggaran yang diprioritaskan dalam Operasi Keselamatan Jaya 2019 ini. Pertama, pengguna jalan yang menggunakan telepon genggam saat mengemudi.
 
Baca: Pegawai Kemenaker Arogan di Tol Pancoran Ditahan
 
Polisi juga memburu pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Selain itu, operasi juga bakal menjaring pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm berstandar SNI dan Pengendara yang melawan arus.
 
Pengemudi kendaraan di bawah pengaruh alkohol dan narkoba juag bakal dibasmi. Pengemudi kendaraan di bawah umur pun diincar. Terakhir, operasi ini juga mencari pengemudi yang melebihi batas kecepatan maksimal.
 
"Kita laksanakan kegiatan persuasif dulu. Tapi, hari ini sudah ada yang ditilang. Ini kita terapkan selama 14 hari ya," pungkas Yusuf.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif