Pekerja menyelesaikan pembuatan kereta Light Rail Transit (LRT) di PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Siswowidodo)
Pekerja menyelesaikan pembuatan kereta Light Rail Transit (LRT) di PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Siswowidodo)

Operasional LRT Tunggu Titah Anies

Nasional lrt proyek lrt
Nur Azizah • 08 Mei 2019 12:43
Jakarta: PT LRT Jakarta masih menunggu perintah dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait operasional. Manager Humas PT LRT Jakarta Melissa mengatakan secara teknis kereta maupun stasiun LRT sudah siap digunakan.
 
"Untuk operasi komersial kita menunggu arahan dari Pemprov (DKI). Secara keseluruhan yang sudah terbangun itu ada lima stasiun sudah siap digunakan," kata Melissa saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 8 Mei 2019.
 
LRT sudah mengantongi izin operasi dari Kementerian Perhubungan. PT LRT juga sudah berkirim surat ke Pemprov DKI Jakarta yang menyatakan siap jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami selaku operator sudah mengirimkan surat kesiapan operasi pada 2 April 2019," ucap dia.
 
Baca juga:Alasan LRT Jakarta Tak Kunjung Beroperasi
 
Sembari menunggu arahan dari Gubernur DKI, PT LRT mengisi waktu dengan menyempurnakan sistem pembayaran. Tak hanya itu, PT LRT juga masih memilih konsep yang pas untuk upacara peresmian LRT Jakarta.
 
"Sekarang kita lagi lakukan penyempurnaan sistem secara keseluruhan sembari menunggu arahan dari Pemprov untuk kapan LRT bisa dioperasikan secara komersial," ujar dia.
 
Sedianya, LRT dioperasikan saat pertandingan ASEAN Games 2018 untuk mempermudah akses menuju venue Velodrome. Namun, moda ini gagal dijalankan lantaran belum mengantongi izin operasi dari Kementerian Perhubungan.
 
Setelah izin operasi sudah didapat, LRT masih belum bisa dijalankan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan enggan terburu-buru menentukan jadwal operasional LRT Jakarta.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif