Ilustrasi LRT Jakarta - MI/Pius Erlangga
Ilustrasi LRT Jakarta - MI/Pius Erlangga

Alasan LRT Jakarta Tak Kunjung Beroperasi

Nasional proyek lrt
Nur Azizah • 08 Mei 2019 12:06
Jakarta: Light Rail Transit (LRT) Jakarta hingga saat ini belum bisa beroperasi secara komersial. Alasannya, jembatan penghubung antara stasiun LRT dan jalur TransJakarta belum tersedia.
 
"Belum (beroperasi). Kita sekarang menyelesaikan dulu jembatan connecting dengan Busway," kata Direktur Proyek LRT Jakarta PT Propertindo Iwan Takwin saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 8 Mei 2019.
 
Iwan mengatakan pihaknya tengah mengebut pembangunan jembatan tersebut. Dia mau LRT langsung terintegrasi dengan TransJakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedang kita kejar supaya ketika sudah beroperasi bisa langsung terkoneksi. Jadi, pelayanannya bukan hanya enam kilometer, tapi sudah integrasi dengan TransJakarta sampai Dukuh Atas," jelas dia.
 
Iwan memastikan pembangunan itu selesai bulan ini. LRT Jakarta ini memiliki panjang enam kilometer yang menghubungkan Rawamangun, Jakarta Timur, dengan Kelapa Gading, Jakarta Utara.
 
Sedianya LRT dioperasikan saat pertandingan Asian Games 2018 untuk mempermudah akses menuju venue di Velodroe. Namun, moda ini gagal dijalankan lantaran belum mengantongi izin operasi dari Kementerian Perhubungan.
 
Setelah izin operasi sudah didapat, LRT masih belum bisa dijalankan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan enggan terburu-buru menentukan jadwal operasi LRT Jakarta.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif