Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Irwansyah Putra)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Irwansyah Putra)

Warga DKI Kesal Harga Bawang Putih Masih Mahal

Nasional dki jakarta Bawang Putih
Kautsar Widya Prabowo • 07 Mei 2019 19:23
Jakarta: Masyarakat yang sehari-hari berbelanja bawang putih merasa belum puas dengan penurunan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati. Lantaran, penurunan harga bawang putih tidak signifikan.
 
Salah satu warga, Teresia, 48, merasa masih berat dengan harga bawang putih di pasaran. Tingginya harga salah satu bumbu dasar itu berimbas pada bisnis restorannya.
 
"Masih mahal, biasanya Rp20 ribu per kilogram sekarang Rp45 ribu per kilogram. Gila, dulu sekali beli bisa 20 kilogram, sekarang cuma bisa beli lima kilogram saja untuk tiga hari," ujarnya kepada Medcom.id, saat di temui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa, 7 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi tersebut membuatnya pasrah. Di satu sisi ia tidak bisa menaikkan harga kudapan yang dijajakan di sisi lain ia harus tetap membeli bawang butih untuk kebutuhan dapur.
 
"Harga makanan di restoran enggak (bisa) naik. Kalau naik kita bisa ikut diprotes," tuturnya.
 
Sementara itu, warga lainnya, Andri, 25, yang sehari-hari membeli bawang putih untuk kembali dijual di Pasar Inpres merasa harga bawang putih sudah mulai mendekati standar. Terlebih jika dibandingkan dengan harga di hari sebelumnya yang menyentuh Rp50 ribu per kilogram.
 
Baca juga:Legislator Ungkap Penyebab Melonjaknya Harga Bawang Putih
 
"Sekarang Rp45 ribu per kilogram standar lah, stabil sudah turun, kemarin mahal banget," tuturnya.
 
Senada dengan itu, Anita, 53, yang juga membeli bawang putih untuk dijual kembali di pasar Kebayaron mengaku harga sudah mulai mengalami penurunan. Meski belum tampak lebih rendah seperti sebelum memasuki Ramadan.
 
"Sudah turun, jadi Rp40 per kilogram, kemarin kan Rp45 per kilogram. Kalau kita ikuti harga saja, harga naik ya dijualnya naik," imbuhnya.
 
Per hari ini harga bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati mulai turun. Saat ini, pedagang menjual bawang putih sekitar Rp45 ribu per kilogram.
 
Salah satu pedagang, Ana, menjual bawang putih jenis cutting dengan harga Rp45 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih biasa dijual seharga Rp35 ribu per kilogram.
 
"Sudah turun, biasanya Rp70 ribu per Kg, seminggu yang lalu Rp80 ribu per Kg," ujar Ana kepada Medcom.id, di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa, 7 Mei 2019.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif