Bawang putih. (Foto: Antara/Arnas Padda)
Bawang putih. (Foto: Antara/Arnas Padda)

Legislator Ungkap Penyebab Melonjaknya Harga Bawang Putih

Ekonomi berita dpr Bawang Putih
Anggi Tondi Martaon • 07 Mei 2019 17:04
Jakarta: Harga bawang putih melonjak tinggi sejak memasuki Ramadan 2019. Kondisi tersebut dikeluhkan oleh masyarakat.
 
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyayangkan kondisi tersebut. Menurutnya, lonjakan harga bawang putih merupakan bentuk buruknya perencanaan yang dilakukan pemerintah.
 
"Ya, makanya ini selalu menjadi persoalan berulang dari tidak beresnya perencanaan," kata Daniel kepada Medcom.id di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, pemenuhan kebutuhan bawang putih dalam negeri harus melalui perencanaan matang. Jika tidak, maka akan berdampak buruk terhadap masyarakat.
 
"Jadi kita harus rencanakan dari sekian bulan yang lalu, sehingga saat menjelang puasa dan lebaran stok sudah terjamin dan tidak meresahkan masyarakat," ucapnya.
 
Selain itu, Daniel menyebutkan lonjakan harga bawang putih terjadi akibat kebijakan pemerintah yang tidak beres. Hal itu ditandai dengan belum keluarnya izin impor bawang putih oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).
 
"Itu pun menjadi pertanyaan masyarakat. Kenapa Bulog yang menjadi tulang punggung kestabilan harga, kok malah dihadang," kata dia.
 
Daniel mempertanyakan kenapa hal itu terjadi. Di sisi lain, tujuh perusahaan swasta sudah mendapat izin impor.
 
"Apa maksudnya? Kenapa Bulog dihadang, padahal mandat originalnya ada di Bulog. Sehingga kalau misalkan harga sekarang naik, Bulog tidak bisa berbuat apa-apa," katanya.
 
Daniel pun mengatakan permasalahan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Komisi IV DPR RI pada masa sidang selanjutnya. Pihak terkait akan dipanggil untuk dimintai keterangan berbagai polemik harga bawang putih.
 
"Ya tentu akan menjadi pembahasan kita. Kestabilan sosial akan menjadi topik utama kita nanti," ujarnya.
 
Selain itu, Daniel juga meminta agar pemerintah melakukan langkah strategis menyikapi harga bawang putih yang sudah terlanjur naik. Salah satunya melalui operasi pasar.
 
"Ya, segera lakukan operasi pasar. Intinya kalau sudah seperti itu tidak ada cara lain, ya operasi pasar," ujar dia
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif