Siswa Batal Libur Saat Asian Games 2018

Siti Yona Hukmana 09 Mei 2018 14:33 WIB
asian games 2018
Siswa Batal Libur Saat Asian Games 2018
Wagub DKI Sandiaga Uno/Medcom.id/Siti Yona
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan siswa sekolah di sekitar venue Asian Games 2018 batal diliburkan. Itu merupakan usulan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

"Usulan dari Bu Puan bahwa seandainya meliburkan itu mengakibatkan akreditasi dari beberapa sekolah kesulitan, karena kita sudah terlalu banyak libur," kata Sandi di Ruang Singalang Rinjani, Penthouse Lantai 18 Mercantile Athletic Club World Trade Center 1, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Mei 2018.

Namun, siswa mulai Sekolah Dasar (SD), SMP, dan SMA/SMK yang sekolahnya berada di sekitar venue akan ditugaskan dalam kegiatan Asian Games. Kegiatan tersebut masuk dalam mata pelajaran meliput Asian Games, seperti membuat paper tentang Asian Games, menghadirkan karya-karya tulis, ikut wawancara atlet, dan berinteraksi dengan atlet.


"Jadi itu yang kita bisa dorong. Kalau yang dari bidang matematika mengukur jumlah lapangan dan apa saja yang menjadi kekhususan dari tiap-tiap cabang olahraga. Jadi ini adalah secara teknis yang bisa kita berikan pelajaran (pengganti) bagi seluruh peserta didik," terang Sandi.

Baca: Sandiaga Pastikan Sekolah di Jakarta Libur Selama Asian Games

Pengumuman resmi soal itu bakal disampaikan Juni 2018. Koordinasi antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap mengerti penuh soal itu dianggap perlu.

"Karena beliau adalah eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya," tutur Sandi.

Sandi juga mengatakan Pemprov DKI bakal menyediakan bus sekolah selama Asian Games. Ia penyediaan bus menjadi solusi kemacetan karena pengantar anak-anak sekolah biasanya menggunakan kendaraan pribadi.

"Kita sediakan bus sekolah selama Asian Games dan ada jalur khusus untuk atlet Asian Games maupun official Asian Games. Itu traffic management dan traffic demand-nya," ujar Sandi.



(OJE)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360