Pemprov Belum Punya Penjelasan soal Rumah DP Rp0
Wagub DKI Sandiaga Uno/Medcom.id/Nur Azizah
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta belum bisa memberi penjelasan soal rumah DP Rp0. Pemprov memberikan subsidi atau hanya mengucurkan dana pinjaman kepada masyarakat pun belum diputuskan.

Bukan menjelaskan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno justru menyebut bakal menggelar workshop bagi jurnalis.

"Saya mau lakukan workshop. Kita lagi minta waktunya dari teman-teman wartawan kapan. Karena kelihatannya, pemahamannya sepotong-sepotong," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Maret 2018.


Baca: Kata Anies soal Batalnya Groundbreaking Rumah DP Rp0

Sandi mengatakan dirinya bakal memberikan pemahaman awal terkait program DP Rp0. Sementara teknis program akan diserahkan kepada Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat DKI Jakarta Agustino Darmawan.

"Kalau teknisnya nanti Pak Agustino bisa jelaskan. Dan itu bulan April. Tinggal satu bulan lagi. Jadi kita akan kebut. Kita tidak mau memacu dan memicu spekulasi," ucap dia.

Sebelumnya, Agustino menyatakan Pemprov DKI Jakarta tidak memberikan subsidi uang muka pada program hunian DP Rp0. Pemprov hanya memberikan dana talangan.

Artinya, masyarakat tetap harus mengembalikan uang kepada Pemprov DKI Jakarta. Hanya saja, masyarakat bisa membayar uang pinjaman tersebut dalam tenor hingga 20 tahun.

"Ditalangi. Kamu jangan tanya itu, nanti saja," ketus Agustino di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, 5 Maret 2018.

Baca: DKI Berencana Bangun Hunian DP 0 Rupiah di PIK

Pernyataan Agustino kemudian dibalas wartawan.  Masyarakat butuh penjelasan lengkap soal skema pembiayaan.

"Pak, berdasarkan KBBI, ditalangi dan dibayarkan itu beda. Kalau ditalangi berarti masyarakat harus mengembalikan uang itu?," tanya awak media.

"Iya kayak gitu lah, mirip-mirip," jawab Agustino.

Sayangnya, Agustino tak menjelaskan detail besaran dana talangan. Ia hanya memastikan dana yang dipinjamkan tak bakal memberatkan masyarakat.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id