Ilustrasi udara Jakarta - MI/Susanto.
Ilustrasi udara Jakarta - MI/Susanto.

BPPT Hanya Ingin Membantu Anies

Nasional polusi udara
Nur Azizah • 05 Juli 2019 17:01
Jakarta: Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengaku tidak bermaksud buru-buru mengumumkan rencana modifikasi cuaca ke publik. Hammam mengaku pihaknya hanya ingin membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
"Kami semangat jika DKI memang mau menerapkan teknologi anak bangsa, yakni teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi polusi udara di wilayah DKI Jakarta," ungkap Hammam melalui pesan singkat, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Hammam menyebut BPPT hanya ingin memberikan bantuan mitigasi pencemaran udara. Apalagi, kata dia, teknologi modifikasi cuaca merupakan barang baru bagi warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena modifikasi cuaca untuk polusi udara baru pertama kali diadakan, kita rilis sebagai upaya kita membantu DKI menjelaskan kepada masyarakat supaya tidak resah," tambah dia.
 
Hammam menyebut modifikasi cuaca sudah terbukti berhasil dalam penanggulangan kebakaran hutan, lahan, dan meminimalisasi kabut asap. Cara ini sudah berjalan di berbagai operasi di wilayah Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan.
 
(Baca juga:Anies Salahkan BPPT Terlalu Cepat Umumkan Hujan Buatan)
 
"Pak Anies menginginkan solusi terhadap polusi udara yang matang untuk jangka panjang. Sedangkan kan modifikasi cuaca ini sudah matang untuk jangka pendek, seperti mengatasi kebakaran hutan dan lahan, sebagai upaya mitigasi bencana," terang dia.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai BPPT terlalu terburu-buru mengumumkan rencana modifikasi cuaca atau hujan buatan. Padahal, rencana tersebut belum matang.
 
"Soal hujan, nanti sesudah matang baru diumumkan. Menurut saya BPPT Offside tuh," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Anies tak mau bicara banyak sebelum semuanya siap. Ia takut isu tersebut malah jadi arena perdebatan saja.
 
Mantan Mendikbud ini menyayangkan bocornya wacana modifikasi cuaca dari BPPT. Padahal, rencana tersebut masih dibahas antara Pemprov dan BPPT.
 
"Saya mendengar BPPT sudah menyampaikan keluar. Perlu saya sampaikan bahwa itu tidak seharusnya dibicarakan dulu sebelum matang, mau dilakukan dulu apa tidak," pungkas Anies.
 
(Baca juga:Hujan Buatan Tak Mujarab Mengurangi Polusi di Jakarta)

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif