Ilustrasi gedung Balai Kota Jakarta. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Ilustrasi gedung Balai Kota Jakarta. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

DKI Kukuh Unggah Anggaran Setelah Pembahasan Selesai

Nasional pemprov dki apbd kisruh apbd dki
Nur Azizah • 10 Oktober 2019 17:56
Jakarta: Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Mahendra mengaku data anggaran bakal dibuka setelah pembahasan final. Saat ini pembahasan masih berjalan.
 
"Dalam sistem e-budgeting, rancangan Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) akan otomatis ter-publish kalau sudah masuk tahapan berikutnya," kata Mahendra saat dihubungi, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Mahendra menyebut pembahasan anggaran baru sebatas penyampaian di DPRD DKI. Setelah pembahasan selesai, rancangan KUA PPAS akan diunggah ke situs apbd.jakarta.go.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggota DPRD DKI dari fraksi PSI William Aditya Sarana menilai pandangan tersebut salah dan mengada-ada. Dia menyebut masyarakat harus mengetahui isi dokumen KUA-PPAS dari susunan eksekutif agar bisa membandingkan versi awal dan versi akhir hasil pembahasan DPRD.
 
“Sekarang ini jangankan dokumen KUA-PPAS usulan eksekutif, dokumen RKPD 2020 yang sudah resmi dan final juga tidak ada. RKPD kan sudah final, seharusnya file itu sudah ada di apbd.jakarta.go.id. Kenyataannya, itu tidak ada. Sama sekali tidak ada transparansi,” kata William.
 
Ia menyayangkan sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terus menolak membuka dokumen anggaran ke publik. William menilai sikap itu kemunduran dan bertentangan dengan asas pemerintahan yang baik.
 
William meminta Anies mengunggah dokumen penyusunan itu ke situs apbd.jakarta.go.id. Dengan begitu, tak ada opini-opini negatif pada Anies.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif