Press conference Queensrides, di Jakarta, Minggu 10 Desember 2017. (MTVN/Eko N)
Press conference Queensrides, di Jakarta, Minggu 10 Desember 2017. (MTVN/Eko N)

Pengendara Perempuan Lebih Rentan Kecelakaan

Nasional keselamatan lalu lintas
Eko Nordiansyah • 10 Desember 2017 15:37
Jakarta: Kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Terbukti dengan masih tingginya angka kecelakaan yang terjadi.
 
Namun dari sekian kasus kecelakaan lalu lintas, pengendara perempuan lebih rentan terhadap risiko kecelakaan dibandingkan dengan pengendara laki-laki.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi mengatakan, perilaku perempuan dalam berkendara seringkali memprihatinkan. Hal ini yang membuat banyak perempuan menjadi korban kecelakaan lalu lintas, meskipun pengendara laki-laki juga ada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perilaku berkendara tidak ada perempuan atau laki-laki, ikuti peraturan yang ada. Saya mengharapkan ibu-ibu sekalian bisa mengedukasi lingkungannya. Bisa menyuarakan ini ke lingkungannya," kata dia saat memberikan edukasi safety riding untuk perempuan, di Graha XL, Mega Kuningan, Jakarta, Minggu 10 Desember 2017.
 
Data Korlantas Polri menyebutkan jika setiap hari ada 72 orang di Indonesia yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Meski angka ini dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan, namun jumlah korban perempuan cenderung mengalami peningkatan.
 
Anggota Korlantas Polri, Kombes Rudy Antariksa mengatakan, kesetaraan gender yang muncul dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dihindarkan. Tapi setiap pengemudi, baik laki-laki ataupun perempuan diminta tetap mentaati peraturan lalu lintas yang ada.
 
"Penyebab utama masih masalah kecepatan, mengebut, tidak menggunakan helm. Intinya kita semuanya harus tertib berlalu lintas dengan sadar. Karena penyebabnya yang paling banyak karena perilaku kita yang melanggar, tidak hati-hati dan lain sebagainya," kata dia.
 
Untuk itu, platform safety riding untuk Perempuan Queenrides, hadir untuk mengedukasi ratusan ribu perempuan untuk berkendara dengan aman. Sejak tahun 2016, platform ini telah mengedukasi pengendara perempuan baik via online dan offline.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif