Sejumlah PKL tetap berjualan di trotoar yang berada di bawah skybridge, Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.
Sejumlah PKL tetap berjualan di trotoar yang berada di bawah skybridge, Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.

Anies: Pelanggar Sering Lebih Galak

Nasional razia pkl
Nur Azizah • 18 Januari 2019 09:17
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan akan menertibkan pelanggaran aturan di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal ini dia ungkapkan terkait kericuhan dalam penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang.
 
"Teman-teman pernah lihat video di sosial media orang naik motor ke atas trotoar, saat ditertibkan orangnya yang marah. Yang melanggar sering lebih galak dari pada yang menertibkan," kata Anies di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melibatkan kepolisian untuk mengusut kericuhan penertiban PKL di Tanah Abang. Anies mengaku bakal memantau kasus ini hingga akhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan tujuh saksi sudah dimintai keterangan mengenai kasus ini. Empat orang diantaranya ialah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) DKI dan tiga orang lainnya PKL.
 
Baca: Kronologi Bentrok PKL dan Satpol PP di Tanah Abang
 
Kemarin, kericuhan terjadi antara PKL Tanah Abang dan petugas Satpol PP. Konflik bermula ketika petugas menertibkan PKL yang berjualan di atas trotoar.
 
Pedagang tak terima dan melawan petugas. Dalam video singkat yang beredar, sejumlah pedagang melempar batu dan bambu ke arah petugas. Saat ini, polisi sudah mengamankan salah satu PKL yang terekam melempar kayu ke Satpol PP.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif