Butuh Niat Baik Bangun Stadion BMW
Warga melintas di lokasi pembangunan Stadion BMW, Sunter, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Anggota DPRD DKI Jakarta Rendhika D Harsono enggan mempersoalkan instansi mana yang layak menggarap proyek stadion Bersih, Manusiawi, dan Wibawa (BMW) di Sunter, Jakarta Utara. Apakah melalui badan usaha milik daerah (BUMD), dalam hal ini PT Jakarta Propertindo (Jakpro), atau Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta.

Terpenting, bagi dia, stadion baru bagi klub Persija Jakarta itu harus segera direalisasikan. "Prinsipnya niat baik untuk menyelesaikannya," kata Rendhika melalui keterangan tertulis, Rabu, 21 November 2018.

Menurutnya, pihak mana pun yang melaksanakan pembangunan stadion tidak penting. "Yang penting adalah janji Pemprov DKI Jakarta membangun stadion terealisasi setelah tertunda bertahun-tahun," kata Rendhika.


Ia meyakini keberadaan stadion baru akan memberikan manfaat besar. Baik untuk perkembangan sepak bola di ibu kota maupun bagi perkembangan kaum muda Jakarta.

Salah satu yang paling bermanfaat, kata Rendhika, ialah anak muda lebih terarah dalam mengekspresikan hobinya. Selain untuk sepak bola, Stadion BWM bisa dimanfaatkan untuk aktivitas positif lain.

"Ini kan persoalan kepekaan Pemprov DKI dalam mengakomodasi kepentingan masyarakat. Akan menjadi kebanggaan bagi warga DKI jika klub kesayangan mereka (Persija) mempunyai stadion baru. Stadion pun bisa menjadi sarana anak muda mengembangkan dan mengekspresikan jiwa mereka dalam berolahraga," kata dia.

Baca: Pembangunan Stadion BMW Dikhawatirkan Sulit Diawasi

Ia yakin Stadion BMW akan menambah kebanggaan ibu kota yang selama ini belum memiliki stadion sendiri. Apalagi stadion ini akan menjadi markas baru bagi tim berjuluk Macan Kemayoran.

Pemprov DKI Jakarta resmi menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk menggarap proyek Stadion BMW, atau yang kini dinamai Stadion Maju Bersama itu. Pemprov DKI memutuskan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan batal menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).




(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id