Jakarta: Sejumlah hotel yang berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman terdampak insiden bocornya pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN). Pelayanan terpaksa dihentikan sementara selama masa perbaikan.
Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, pihaknya pertama kali menerima laporan kebocoran pipa gas pukul 3:57 WIB. Kemudian pada pukul 05:05 WIB, Tim Penanggulangan Gangguan (TPG) PGN datang ke lapangan untuk memastikan kondisi kebocoran dan kerusakan pada pipa PE 180 mm tersebut.
"Saat ini, Tim PGN sudah melaksanakan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian dan melakukan isolasi jaringan dengan menutup line valve terdekat dari lokasi kebocoran. Selanjutnya dilakukan pekerjaan penggalian untuk melakukan cut and replace pada pipa PE 180mm yang rusak tersebut," kata Rachmat, Jumat, 21 Desember 2018.
Dia mengungkapkan, pekerjaan perbaikan membutuhkan waktu selama tiga jam, di luar waktu pembukaan galian. "Diperkirakan pada jam 10.00 WIB gas sudah mengalir lagi ke pelanggan terdampak,” kata Rachmat.
Baca: Pipa Gas Milik PGN di Cakung Bocor
Rachmat mengugkapkan, akibat kejadian itu terdapat beberapa pelanggan komersial, khususnya yang berada di wilayah Senayan yang terdampak, di antaranya Hotel Sultan, Hotel Mulia, Plaza Senayan, Hotel Atlet Century Park, Plaza Lifestyle, Restoran Outback Ratu Plaza, Continent Ratu Plaza dan Hotel Fairmont.
“Selama pekerjaan perbaikan dilakukan, para pelanggan sudah diinfokan terkait kondisi yang ada dan diminta untuk menyiapkan backup alternatif bahan bakar,” ujar Rachmat.
Seperti diketahui, pipa gas milik PGN yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tepat di bawah Jembatan Simpang Susun Semanggi, bocor. Kebocoran pipa diduga akibat terkena alat berat kontraktor pelaksana yang sedang melakukan pembuatan mainhole utilitas di sekitar lokasi.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id