Genangan air di Green Garden, Jakarta. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Genangan air di Green Garden, Jakarta. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Pemprov DKI Diminta Mengevaluasi Wilayah Banjir

Nasional banjir jakarta cuaca jakarta dki jakarta cuaca ekstrem musim hujan pemprov dki dprd dki jakarta Jakarta Banjir prakiraan cuaca
Sri Yanti Nainggolan • 23 Februari 2021 10:05
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta mengevaluasi banjir yang terjadi di Ibu Kota. Khususnya, di wilayah yang tergenang banjir parah seperti Kemang, Jakarta Selatan.
 
"Tahun ini ada banjir yang besar, kita harus mengevaluasi apa yang menjadi penyebab banjir itu yang perlu kita kerjakan tahun berikutnya," kata Ketua Komisi D DRPD DKI Ida Mahmudah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 22 Februari 2021.
 
Menurut Ida, evaluasi harus dilakukan untuk mengungkap penyebab banjir. Apalagi, banjir di Kemang disebut karena pagar di dua titik jebol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa ini bisa terjadi dan apakah pagar tersebut nanti harus dibuat SDA (Dinas Sumber Daya Air) agar tidak jebol kembali, dan hal-hal tersebut harus disampaikan dan terselesaikan," kata dia.
 
Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Nova Harivan Paloh. Dia meminta Dinas SDA memperhatikan alur perencanaan kegiatan pengendalian banjir pada 2021 secara terstruktur.
 
"Karena kalau kita lihat sepertinya pembebasan lahan baru dilakukan tahun ini (2021) sehingga program pengendalian banjir juga baru terasa akan dilakukan tahun ini," ucap Nova.
 
Baca: Terindikasi Menyebabkan Banjir, Pemprov DKI Cek Izin Gedung Perusahaan Swasta
 
Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Jakarta sejak Jumat, 19 Februari 2021, mengakibatkan sejumlah wilayah Ibu Kota dilanda banjir. Salah satu wilayah yang terendam banjir adalah Kemang, Bangka, Jakarta Selatan.
 
Banjir yang disebabkan luapan Kali Krukut mengakibatkan akses Jalan Raya Kemang menuju Mampang dan Antasari tidak dapat dilalui. Bahkan, puluhan mobil dan motor yang terparkir di bahu jalan terendam air.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif