Ilustrasi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Mata Menguning Tak Selalu Indikasi Hepatitis Akut

Nasional penyakit aneh kesehatan anak anak Hepatitis Akut
M Iqbal Al Machmudi • 11 Mei 2022 10:03
Jakarta: Orang tua diminta sigap dan bergerak cepat ketika menemukan adanya indikasi hepatitis akut pada anak, seperti mata menguning. Namun, mata menguning tak selalu menjadi ciri hepatitis.
 
"Kuning juga bisa karena sumbatan dari saluran empedu oleh batu atau tumor," ujar Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Ari Fahrial Syam, dikutip Rabu, 11 Mei 2022.
 
Hepatitis merupakan peradangan hati secara klinikal praktis. Umumnya kasus yang sering ditemui adalah hepatitis A, B, C, D, dan E. Terkait mata menguning, kata Ari, bisa juga indikasi demam berdarah dengue (DBD) dan tipes yang menyebabkan liver terganggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: IDAI: Waspadai Penyakit Saluran Cerna pada Anak Pascalebaran
 
Kasus hepatitis akut yang terjadi memiliki gejala lain seperti mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran. Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (penyakit kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah). Sebagian besar kasus justru tidak ditemukan adanya gejala demam.
 
"Jadi ini masyarakat memang bisa memahami bahwa kuning itu pasien yang mengalami matanya kuning atau tadi urinnya berwarna teh/cola tidak melulu oleh karena virus hepatitis akut," jelas dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif