Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Siswowidodo)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Siswowidodo)

LRT Berharap Izin Operasional Segera Terbit

Nasional lrt
Theofilus Ifan Sucipto • 11 Juni 2019 13:33
Jakarta: PT LRT Jakarta telah memasuki tahap akhir menuju operasional komersial. Mereka berharap bisa segera beroperasi.
 
Direktur Proyek LRT Jakarta, Iwan Takwin mengatakan pihaknya telah mengantongi rekomendasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kemenhub telah memberi rekomendasi teknis, keselamatan, serta sarana dan prasarana.
 
"Sekarang kita tinggal tunggu sertifikasi operasinya," kata Iwan, di Jakarta, Selasa, 11 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sambil menunggu sertifikasi operasi, kata Iwan, LRT menggelar uji publik hari ini. Mereka mengundang masyarakat menjajal moda yang melayani rute Kelapa Gading-Velodrome tersebut.
 
Iwan mengatakan uji publik perlu dilakukan untuk mendengar masukan dari masyarakat. Hal ini, kata dia, untuk mengantisipasi kekurangan LRT sebelum resmi beroperasi.
 
Baca juga:LRT Gelar Uji Publik
 
Dia menegaskan uji publik hari ini berbeda dengan uji coba yang sempat dilakukan pada Maret lalu. Saat uji coba, pengoperasian LRT tidak ada penumpang. Sedangkan saat uji publik, LRT dibuka untuk umum dan melibatkan penumpang.
 
"Jadi orang bisa datang, langsung registrasi dan langsung naik. Ini mirip operaional komersial," pungkas dia.
 
PT LRT Jakarta menggelar uji publik Lintas Rel Terpadu (LRT) hari ini, Selasa 11 Juni 2019. Mereka membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati fasilitas moda transportasi tersebut.
 
"Waktu operasi kereta LRT Jakarta dalam Program Uji Publik LRT Jakarta dimulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 23.00 WIB dan selang waktu antarkereta (headway) 10 menit," kata Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta Melisa Suciati, di Jakarta, Selasa, 11 Juni 2019.
 
Melisa mengatakan akses naik turun penumpang akan dilayani lima stasiun. Di antaranya Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome.
 
Uji coba sebenarnya sudah pernah dilakukan pada Maret 2019. LRT ini akan membawa penumpang dari Rawamangun hingga Kelapa Gading dengan panjang rel 5,8 kilometer.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif