Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

PSI: APBD DKI Jadi Bancakan Parpol

Nasional dprd dki jakarta
Juven Martua Sitompul • 23 Juli 2019 23:21
Jakarta: Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest, menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta jadi 'lahan basah' partai politik (parpol) nasional. Dia menduga parpol nasional memanfaatkan anggotanya di DPRD DKI untuk mengeruk keuntungan.
 
"Kita ada delapan orang di DPRD DKI, ini pun kita pepet terus, kita kawal terus. Karena emang rumor-rumornya, partai politik nasional ini nyari duitnya dari APBD DKI. Ini dugaan," kata Rian dalam diskusi di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 23 Juli 2019.
 
Baca Juga:Anies Diminta Lebih Cermat dalam Perencanaan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rian, ada beberapa alasan APBD DKI jadi target Parpol. Salah satunya, pengawasan APBD DKI sekitar Rp70 triliun tidak seketat pengawasan APBN. Rian juga menyebut pengawasan media tak terlalu menyorot hal ini.
 
"Potensi nyolongnya gede banget dan kita tahulah DPRD DKI seperti apa gitu," ujar dia.
 
Di sisi lain, Rian mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kerap menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di sejumlah daerah. Dia berharap Lembaga Antirasuah juga mengawasi tindak tanduk Parpol nasional terhadap APBD DKI.
 
"Jadi saya sebenarnya berharap teman-teman KPK, yuk sebenarnya enggak usah jauh-jauh OTT ke daerah, bagus sih untuk pemerataan pemberantasan korupsi. Enggak usah jauh-jauh, ke Kebon Sirih aja cari. Kulik-kulik dapat kok," tegas dia.
 
Rian mengklaim mendapat informasi tersebut dari salah seorang penyidik di Mabes Polri beberapa tahun lalu. Namun, dia yakin saat ini DPRD DKI jauh lebih baik dari sebelumnya.
 
"Ini kata salah seorang penyidik, tapi bukan di sini, ini penyidik dari Trunojoyo bilang 'Yaelah DKI tinggal merem comot juga dapat' ini dulu tapi, beberapa tahun lalu, sekarang saya yakin lebih baik lah," pungkasnya.

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif