Jakarta: Sebanyak 280 juta orang naik TransJakarta sepanjang 2023. Jumlah itu merupakan rekor jumlah tertinggi selama TransJakarta beroperasi.
"Total selama 2023 kita berhasil melayani jumlah pelanggan 280 juta," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Welfizon Yuza dalam diskusi mengenai kinerja korporasi tahun 2023 di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024.
Welfizon mengatakan jumlah pelanggan TransJakarta selama 2022 191,4 juta. Artinya, ada kenaikan jumlah penumpang hingga 47 persen.
Bahkan, kata dia, jumlah pelanggan TransJakarta per harinya meningkat dua kali lipat dari rata-rata 500 ribu pelanggan pada Desember 2022 menjadi 1,1 juta per hari pada Desember 2023.
"Rekor pelanggan tertinggi pascapandemi 1.169.214 tanggal 5 Desember 2023," kata Welfizon.
PT TransJakarta juga terus melakukan perbaikan layanan yang diikuti dengan penambahan beberapa rute ataupun pengoperasian bus. Pada 2023, 88,7 persen cakupan populasi terlayani TransJakarta.
"Jadi menghitungnya dari data penduduk, kemudian setiap orang dari rumahnya maksimal 500 meter jarak punya akses ke halte atau bus stop terdekat. Tahun 2023 mencapai angka 88 persen," kata Welfizon.
Welfizon menegaskan, TransJakarta terus memberikan layanan terbaik dan berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat umum dengan menyesuaikan skala operasi dan layanan.
Terkait rute layanan setiap triwulan juga dilakukan evaluasi untuk rute yang memiliki performa rendah, dengan cara melakukan perubahan rute (rerouting), modifikasi rute, memperbaiki jarak tempuh dan lainnya.
Lalu, rasio penumpang per kilometer juga mengalami peningkatan dari tahun 2023 ditargetkan 1,01 dengan ketercapaian sebesar 1,08. Sementara, pada 2024 ditargetkan mencapai 1,16. Begitu pula dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), layanan TransJakarta juga terus meningkat dengan ketercapaian di atas 95 persen.
Jakarta: Sebanyak 280 juta orang naik
TransJakarta sepanjang 2023. Jumlah itu merupakan rekor jumlah tertinggi selama TransJakarta beroperasi.
"Total selama 2023 kita berhasil melayani jumlah pelanggan 280 juta," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Welfizon Yuza dalam diskusi mengenai kinerja korporasi tahun 2023 di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024.
Welfizon mengatakan jumlah pelanggan
TransJakarta selama 2022 191,4 juta. Artinya, ada kenaikan jumlah penumpang hingga 47 persen.
Bahkan, kata dia, jumlah pelanggan TransJakarta per harinya meningkat dua kali lipat dari rata-rata 500 ribu pelanggan pada Desember 2022 menjadi 1,1 juta per hari pada Desember 2023.
"Rekor pelanggan tertinggi pascapandemi 1.169.214 tanggal 5 Desember 2023," kata Welfizon.
PT TransJakarta juga terus melakukan perbaikan layanan yang diikuti dengan penambahan beberapa rute ataupun pengoperasian bus. Pada 2023, 88,7 persen cakupan populasi terlayani TransJakarta.
"Jadi menghitungnya dari data penduduk, kemudian setiap orang dari rumahnya maksimal 500 meter jarak punya akses ke halte atau bus stop terdekat. Tahun 2023 mencapai angka 88 persen," kata Welfizon.
Welfizon menegaskan,
TransJakarta terus memberikan layanan terbaik dan berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat umum dengan menyesuaikan skala operasi dan layanan.
Terkait rute layanan setiap triwulan juga dilakukan evaluasi untuk rute yang memiliki performa rendah, dengan cara melakukan perubahan rute (rerouting), modifikasi rute, memperbaiki jarak tempuh dan lainnya.
Lalu, rasio penumpang per kilometer juga mengalami peningkatan dari tahun 2023 ditargetkan 1,01 dengan ketercapaian sebesar 1,08. Sementara, pada 2024 ditargetkan mencapai 1,16. Begitu pula dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), layanan TransJakarta juga terus meningkat dengan ketercapaian di atas 95 persen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AGA)