Skybridge Tanah Abang kini difasilitasi toilet pintar. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Skybridge Tanah Abang kini difasilitasi toilet pintar. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Banyak yang Keder Masuk Toilet Pintar Skybridge

Nasional tanah abang penertiban pkl
Kautsar Widya Prabowo • 13 Desember 2018 12:06
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan manusia (JPM) atau skybridge di Tanah Abang. Beragam fasilitas telah disediakan, salah satunya adalah toilet pintar.

Toilet pintar tersebut berbentuk kotak berwarna dominan hijau, di satu kotaknya berisikan dua kamar mandi. Terhitung terdapat dua kotak toilet pintar yang ada dekat pintu masuk kawasan Blok G dan dekat pintu masuk Stasiun Tanah Abang lama.

Toilet tersebut memiliki teknologi yang cukup maju. Dua kamar mandi memiliki fungsi yang berbeda. Satu kamar mandi di sebelah kanan dapat beroperasi jika pengguna melakukan tapping pada kotak dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca juga: Skybridge masih Sepi, Omzet Turun Kamar mandi sebelah kiri dapat dioperasikan menggunakan kartu e- Money serta kartu tiket harian berjaminan (THB) commuter line. Penggunaan kartu tersebut tidak untuk membayar, melainkan hanya buat membuka pintu kamar mandi.

Seorang warga tengah mencoba fasilitas Toilet Pintar yang disediakan di Skybridge Tanah Abang. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Selain itu, pengunjung yang menggunakan toilet tersebut dimanjakan dengan kebersihan layaknya toilet di kereta eksekutif. Terlebih dengan fasilitas seperti exhaust fan yang berfungsi untuk sirkulasi udara serta kloset duduk lengkap dengan shower kecil. Pengelola juga menyediakan wastafel kecil untuk membasuh tangan pengunjung.

Untuk menjaga kebersihan, tiap toilet pintar dijaga satu petugas kebersihan. Salah satunya adalah Fatra,17, warga asal Depok. Selain bertugas membersihkan, dia juga menyosialisasikan penggunaan toilet pintar kepada pengunjung atau pedagang.

"Kalau di sini, orang belum mengerti dan cara keluar dari toilet, akan kita arahkan. Misalkan ibu punya kartu KTP atau kartu kereta, nanti kartu itu di-tapping, kalau tidak mengerti cara keluarnya saya bantu ," kata Fatra kepada Medcom.id, di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Desember 2018.


Seorang warga tengah menempalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengunci pintu Toilet Pintar yang disediakan di Skybridge Tanah Abang. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Baca juga: Penempatan di Skybridge tidak Adil, PKL Siap Melawan

Mengingat masih banyak warga yang belum mengetahui cara memakainya, saat ini toilet masih dioperasikan secara manual. Tanpa menggunakan KTP ataupun e-Money.

Pantauan Medcom.id, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mengunci toilet tersebut. Pada pintu terlihat lambang hijau yang menandakan kamar mandi tidak digunakan serta merah menandakan sedang digunakan.

Namun, yang terjadi saat toilet dipakai justru bukan tanda lambang merah melainkan hijau yang menandakan toilet sedang kosong. Tentunya pengguna atau pengunjung terlebih dahulu harus mengetuk pintu untuk memastikan toilet kosong.


Toilet Pintar yang disediakan di Skybridge Tanah Abang ini juga dilengkapi wastafel. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Masyarakat bisa mencoba toilet pintar tersebut. Toilet beroperasi dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Saat ini masih masa uji coba dan difungsikan hingga pukul 16.00 WIB.

Toilet pintar ini difasilitasi oleh Perusahan Daerah Pengelolaan Air Limbah DKI Jakarta (PD PAL Jaya) yang dikelola Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Sarana Jaya.


(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi