NEWSTICKER
Ilustrasi Balai Kota. Foto: Medcom/Candra Yuri Nuralam
Ilustrasi Balai Kota. Foto: Medcom/Candra Yuri Nuralam

Pemilihan Wagub DKI Dipastikan Rampung Maret

Nasional cawagub dki Pengganti Sandiaga Uno
Media Indonesia, Insi Nantika Jelita • 24 Februari 2020 09:37
Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi memastikan pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI digelar pada Maret 2020. Struktur panitia pemilihan wagub akan ditentukan dalam waktu dekat.
 
"Insyaallah Maret sudah terpilih (wagub DKI)," kata Prasetyo di Jakarta, Minggu, 24 Februari 2020.
 
Prasetyo mengatakan posisi ketua panitia pemilihan bukan berdasarkan penunjukan fraksi Gerindra, PKS dan PDIP. Ketua panitia pemilihan disepakati oleh 106 anggota dewan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi tiap fraksi mengirimkan (perwakilannya untuk panitia pemilihan). Nanti saya tandatangani, kami harus fair juga, saya enggak ikut (jajaran panitia pemilihan)," ujar Prasetyo.
 
Menurut dia, seluruh legislator DKI sepakat pemilihan suara atau voting wagub DKI dilakukan secara tertutup. Kesepakatan itu diklaim untuk menghindari keributan antar anggota dewan, termasuk, menjalani aturan tata tertib (tatib) yang dibuat oleh panitia khusus (pansus) sebelumnya.
 
Pemilihan Wagub DKI Dipastikan Rampung Maret
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
 
"Mungkin pandangan teman-teman (anggota DPRD) jangan sampai terjadi misalnya saya berteman anda, saya enggak memilih anda terus jadi ribut," tegas Prasetyo.
 
Ada dua kandidat wagub yang akan dipilih oleh DPRD DKI Jakarta berdasarkan UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yakni Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif