Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Dinkes DKI Perkuat Deteksi Dini Antisipasi Hepatitis Akut

Nasional DKI Jakarta penyakit menular kesehatan anak kemenkes anak Hepatitis Akut
Putri Anisa Yuliani • 09 Mei 2022 12:15
Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memperkuat deteksi dini mencegah penularan hepatitis akut. Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti mengatakan penguatan dilakukan melalui sistem surveilans merespons pasien hepatitis akut.
 
"Itu pertama dari sisi penguatan. Jadi kami sudah berproses sosialisasi terkait mengingatkan me-refresh kembali tentang surveilans penyakit menular tadi," kata Widyastuti di Balai Kota, Senin, 9 Mei 2022.
 
Widyastuti menyebutkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengidentifikasi 17 penyakit menular yang harus diwaspadai di Indonesia termasuk hepatitis. Fasilitas kesehatan meski melapor ke Dinkes DKI jika menemukan 17 penyakit menular itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemenkes: Hepatitis Akut Bisa Jadi Wabah
 
Langkah kedua, Dinkes DKI berkoordinasi dengan Kemenkes hingga para pakar untuk menyusun pedoman sementara. Pedoman tersebut untuk pegangan para tenaga medis di lapangan menghadapi pasien bergejala hepatitis akut.
 
Dinkes DKI juga berkoordinasi dengan seluruh unsur kesehatan di Jakarta mulai dari direktur RS dan kepala puskesmas se-DKI serta para kasudinkes. Koordinasi itu untuk mengingatkan kembali prosedur sistem surveilans terhadap hepatitis akut.
 
"Tentu kami juga sama-sama berkoordinasi menginduk pada Kemenkes regulasinya seperti apa akan kita jalankan," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif