Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Mix And Match Vaksin Tak Menimbulkan Masalah

Nasional vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Booster
M Iqbal Al Machmudi • 27 April 2022 19:01
Jakarta: Direktur Medis Area Asia, Vaksin, dan Penyakit Menular, AstraZeneca Bruce Mungall, menyarankan masyarakat tidak pilih-pilih jenis vaksin booster atau berusaha menyesuaikannya dengan jenis vaksin awal. Ddia menuturkan vaksin reguler dan booster yang berbeda tidak menimbulkan masalah.
 
"Dosis reguler AstraZeneca dan Pfizer setelah 6 bulan efektivitas berkurang meskipun 2 dosis. Meskipun kemanjuran berkurang maka booster itu penting perlindungan melawan Omicron," ujarnya dalam media roundtable bertajuk 'Efektivitas Vaksin Covid-19' di Perkantoran Hijau Arkadia, Jakarta Selatan, Rabu, 27 April 2022.
 
Baca: Pemerintah Didorong Yakinkan Publik Vaksin Booster Halal dan Aman

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Efikasi booster meningkat 60 persen apa pun jenis vaksinnya. "Di Inggris, dua dosis vaksin (reguler) tidak dapat mencegah dari Omicron sehingga booster menjadi jawaban. Vaksin memberikan perlindungan yang setara terhadap penyakit yang diberikan. Ini membuktikan bahwa booster penting memberikan perlindungan terbaik. Saya sangat mendorong Anda melakukan booster apa pun vaksinnya," kata Bruce.
 
Pada kesempatan yang sama, Philippine College of Physicians, Rontgene Solante, menekankan vaksin membuat antibodi yang sangat baik. Karena untuk melawan covid-19 tidak bisa bergantung pada antibodi alami saja sehingga dibantu dengan vaksinasi.
 
Kampanye vaksinasi booster harus dilakukan terus menerus oleh pemerintah agar kekebalan komunitas tercapai. Edukasi kepada masyarakat serta kebijakan nasional dinilai sebagai salah satu jalan agar masyarakat mau untuk divaksin.
 
"Tingkat booster di Filipina sangat rendah karena masih banyak masyarakat Filipina belum yakin terhadap booster. Kita harus edukasi sehingga bagaimana vaksin memberikan benefit," kata dia.
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif