Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Anies Inisiatif Kerek Upah Jakarta, Pencitraan atau Simpati?

MetroTV • 24 Desember 2021 12:27
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berinisiatif merevisi dan menaikkan upah minimum provinsi (UMP) Jakarta 2022 dari 0,85 Persen menjadi 5,1 persen atau ditambah Rp225.667 dari UMP 2021. Artinya, UMP Jakarta naik dari Rp4.416.186 menjadi Rp4.641.854.
 
Hal ini dinilai beberapa pihak sebagai langkah pencitraan. Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Pandapotan Sinaga mengatakan Anies telah membuat kegaduhan di antara pekerja dan pengusaha. Pasalnya, angka 0,85 persen sudah jauh lama diresmikan dalam peraturan gubernur (pergub).
 
"Kalau untuk kebutuhan buruh, kenapa tidak sejak awal perumusan mendorong untuk kebutuhan buruh? Kalau menurut saya itu pencitraan," kata dia dalam program Kontroversi Metro TV, Kamis, 23 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setali tiga uang, pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan langkah Anies sekadar pencitraan lantaran belum ada aksi lanjutan dari perkataannya. Karena, hingga saat ini, belum ada pergub terkait revisi UMP tersebut.
 
"Kalau sekiranya Pak Anies membatalkan keputusan ini karena menyalahi aturan, ini tetap berpengaruh menaikkan citra Pak Anies karena euforianya luar biasa tiga hari ini," kata Ray.
 
Baca: Wagub DKI Klaim UMP Naik 5,1% untuk Penuhi Rasa Keadilan
 
Di sisi lain, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengaku sudah dihubungi melalui telepon oleh Anies menyangkut hal ini. Menurut pengakuannya, peraturan telah ditandatangani Anies dan sedang masuk tahap sosialisasi. 
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kenaikan UMP yang hanya 0,8 persen atau sebesar Rp37.749 tidak adil bagi buruh. Persentase itu dinilai terlalu kecil.
 
"Rasa keadilan jelas terganggu. Angka itu tadi (5,1 persen) dari (perhitungan) inflasi dan dari pertumbuhan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 20 Desember 2021. (Mentari Puspadini)

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif