Rangkaian kereta MRT Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar
Rangkaian kereta MRT Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar

Tarif MRT Dihitung per Kilometer

Nasional mrt Proyek MRT
Theofilus Ifan Sucipto • 22 Februari 2019 11:54
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tarif Mass Rapid Transit (MRT) sudah masuk tahap final. Tarif MRT akan dihitung per kilometer.
 
"Pembahasan sudah masuk tahap final. Tinggal menunggu pengumumannya saja," kata Anies di Gelanggang Remaja, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat 22 Februari 2019.
 
Anies enggan membeberkan secara detail mengenai angka pastinya. Sebab, dia masih mengumpulkan data sampai lengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pembahasannya, tarik tiket MRT diperkirakan sekitar Rp8 ribu sampai Rp10 ribu. Angka ini dinilai terjangkau untuk seluruh masyarakat.
 
"Nanti hitungannya per kilometer," beber Anies.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu optimistis transportasi umum di Jabodetabek akan terintegrasi pada 2030 dimulai dari MRT. Salah satunya dengan bus transjakarta.
 
"Integrasinya sudah dimulai sekarang. Kalian lihat di atas sini stasiun (MRT), keluar bisa tersambung TransJakarta, integrasi ke semua moda," ujar dia.
 
Baca juga:Tarif MRT di Tangan Anies
 
Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Anies Baswedan tidak memberatkan masyarakat dalam menetapkan tarif tarif MRT. Anies harus memperhatikan perekonomian mayoritas warga.
 
Ia juga meminta faktor keuangan masyarakat dan fasilitas yang diberikan menjadi bagian yang diperhitungkan dalam menetapkan tarif. Sehingga, tidak memberatkan masyarakat terutama mereka dengan tingkat penghasilan tertentu.
 
"Jadi ini bisa dihitung kecepatannya, kenyamanan, dan keamanannya bisa dipastikan. Maka tarifnya urusan Pak Gubernur (Anies Baswedan) dan Menhub (Budi Karya) yang memutuskan," kata JK di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif