Bekasi Usulkan Dana Hibah Rp545 Miliar ke DKI
Petugas memindahkan sampah dari gerobak ke truk untuk dibawa ke TPST Bantargebang, MI - Ramdani
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi mengajukan dana hibah berupa dana kemitraan sebesar Rp545 miliar ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangunan sejumlah infrastrukur yang juga bermanfaat bagi kedua daerah.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, sebelumya Pemkot Bekasi mengajukan dana hibah sebesar Rp2,09 triliun. Namun, usulan itu dicabut setelah pihaknya kembali melakukan evalusi.

“Ini usulan yang baru, yang lama dicabut karena setelah kita evaluasi, kita lihat pada saat itu mungkin proses perencanaan dan lain sebagainya tidak terlaksana,” kata dia di Bekasi, Jumat, 26 Oktober 2018.


Mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi ini menjelaskan, pihaknya tidak melihat dari nilai yang diberikan. Melainkan dari program – proram yang memberikan manfaat bagi kedua daerah.

Dirinya menyatakan, untuk menyelesaikan persoalan yang ada di DKI Jakarta tentu harus memperhatikan wilayah Bodetabekjur (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur).

“Pembangunan jembatan Jatiwaringin, kepentingannya untuk DKI dan Bekasi. Kalimalang di sheet pile juga untuk Kalimalang dan DKI. Airnya menjadi lebih besar kemudian juga tidak terjadi erosi. Bekasi dapatnya apa? Bekasi bersyukur karena kotanya menjadi lebih indah,” tuturnya.

Menurut dia, usulan dana Rp545 miliar itu mayoritas bakal digunakan untuk infrastruktur. “Rp545 miliar itu ada untuk Infrastruktur, sekolah, puskesmas ada taman. Harapannya begitu (bisa masuk anggaran tahun 2019),” sambung Tri.

Baca: Anies Belum Putuskan Dana Hibah untuk Bekasi

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membahas polemik kerja sama dua daerah soal dana hibah pengelolaan sampah pada Senin 22 Oktober 2018 lalu. Namun, Anies belum memutuskan jumlah dana hibah yang akan diberikan untuk Pemkot Bekasi.

"Rencananya Kamis akan bertemu untuk detailnya. Tapi intinya, semangat kerja bersama tidak berubah sama sekali," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.




(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id