DKI Pesan Tong Sampah Hingga Rp9,58 Miliar
Tong sampah roda yang dipesan - foto: istimewa.
Jakarta: Setelah ramai pemberitaan pengadaan lampu hias berbentuk pohon bernilai fantastis, kini muncul pengadaan tong sampah. Nilainya mencapai Rp9,58 miliar. 

Dalam e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tertera pengadaan tong sampah beroda masuk dalam Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Jumlah tong sampah yang dipesan sebanyak 2.640 unit dengan harga satuan Rp3,59 juta. Di sana tertera pula pemenang tendernya, yakni PT Groen Indonesia.


Pertama kali dikonfirmasi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno tampak kaget. Ia tak tahu ihwal kabar tersebut.

"Itu tentu yang lagi ditelusuri," kata Sandi di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Juni 2018.

Kendati begitu, Sandi meyakini dengan sistem pengadaan yang terbuka, penggelembungan dana akan sulit terjadi. Hal tersebut pun sudah lama tak terjadi di tubuh Pemprov.

"Sistem kita kan sudah sangat terbuka dan sistem ini meminimalisir penggelembungan proyek atau apa pun itu. Apalagi, kita baru dapat WTP (wajar tanpa pengecualian). Kita pastikan tidak ada dan ini sudah lama tidak ada," ujar dia.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini meminta masyarakat turut mengawasi dan melaporkan bila terdapat kejanggalan. Dalam pengadaan tong sampah, pembelian menggunakan dollar dengan harga satuan USD253,6. 

"Semuanya pembelian sudah melalui standar acuan tertentu," pungkas dia.
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id