Ilustrasi sidang yustisi. ANTARA Foto/Nova Wahyudi
Ilustrasi sidang yustisi. ANTARA Foto/Nova Wahyudi

Langgar PSBB Jilid II, 13.562 Orang Terkena Sanksi Sosial

Nasional Virus Korona PSBB Jakarta Rem Darurat
Yurike Budiman • 19 September 2020 05:12
Jakarta: Pemberian sanksi terhadap para pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II di wilayah DKI Jakarta terus berjalan. Hukuman yang diberikan berupa sanksi sosial dan administrasi.
 
"Sampai dengan saat ini di wilayah DKI Jakarta sanksi sosial ada sebanyak 13.562 orang dan sanksi administrasi sebanyak 1.288 orang," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat meninjau operasi yustisi dalam rangka pelaksanaan PSBB jilid II di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 18 September 2020.
 
Operasi yustisi sudah digelar sejak empat hari atau saat PSBB jilid II berlaku. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sasaran dari operasi yustisi ini ialah wilayah yang rawan terjadi penyebaran virus korona. Wilayah tersebut yakni pasar, stasiun, terminal, serta perkantoran.
 
"Tujuan dari pelaksanaan operasi adalah untuk memberikan shock therapy kepada masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan. Kalau tidak diberikan, masyarakat biasa-biasa saja," kata Nana.

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman mengatakan operasi yustisi kali ini sangat jauh berbeda ketimbang sebelumnya. Jumlah pelanggar yang ditindak sudah tidak banyak lagi.
 
"Kalau kita lihat bersama bahwa hasil operasi hari ini terdapat sembilan orang pelanggar. Itu menandakan bahwa masyarakat kita sudah mulai sadar untuk mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19," ujar Dudung.
 
Baca: DPRD DKI Bakal Buat Perda Inisiatif Terkait Sanksi PSBB
 
Dudung mengatakan di setiap kota administrasi telah dikerahkan berbagai komponen masyarakat. Mereka akan mengawasi penerapan protokol kesehatan.
 
"Setiap kelurahan tergabung dari berbagai komponen masyarakat yang langsung menyampaikan atau bersosialisasi kepada masyarakat," kata Dudung.
 
(AZF)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif