Keraton Agung Sejagat. Foto: Medcom.id
Keraton Agung Sejagat. Foto: Medcom.id

Raja Keraton Agung Sejagat Pernah Ngontrak di Jakarta

Nasional kepercayaan
Candra Yuri Nuralam • 16 Januari 2020 13:13
Jakarta: Raja Keraton Agung Sejagat Totok Santoso Hadiningrat diketahui pernah tinggal di RT 12 RW 5, Ancol, Jakarta Utara pada 2011. Ia tinggal di sebuah kontrakan di pinggiran rel kereta api dekat Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara.
 
"Pada 2016 pernah kebakaran, dan terakhir 2016 sudah tidak ada bangunan lagi, sudah rata, dan yang bersangkutan sudah tidak tinggal lagi di Kelurahan Ancol," kata Lurah Ancol Rusmim saat dikonfirmasi, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Sementara, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto menyebut Totok juga terlilit utang di salah satu bank di Jakarta. Utang disebut mencapai miliaran rupiah dan belum dilunasi hingga saat ini. Informasi ini didapat Budhi dari ketua rukun tetangga (RT) 12, tempat Totok pernah tinggal di Jakarta

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang bersangkutan ada utang di bank sampai Rp1,3 miliar," kata Budhi.
 
Kepolisian Daerah Jawa Tengah menetapkan Totok Santosa dan istrinya, Fanni Aminadia (Dyah Gitarja) sebagai tersangka. Mereka dijerat dengan pasal penipuan dan pembuat keonaran karena mendeklarasikan diri sebagai Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat (KAS) di Purworejo, Jawa Tengah.
 
"Begitu ditangkap langsung ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng, Komisaris Besar Iskandar Fitriana Sutrisna, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Iskandar menjelaskan jika Totok Santosa dan Fanni ditangkap Polda Jateng pada pukul 18.00 WIB, Selasa, 14 Januari 2020. Mereka dijerat dengan pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang menyiarkan kabar bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran dan pasal 378 KUHP tentang Penipuan.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif