Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Solusi Banjir di Jakarta ala Anies Baswedan

Nasional banjir jakarta
Nur Azizah • 02 Mei 2019 14:05
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki trik sendiri mengatasi banjir di Ibu Kota. Pertama, memperbanyak kolam retensi dan waduk di bagian hulu: Bogor, Jawa Barat.
 
"Sehingga air dari hulu yang bergerak ke Jakarta lebih terkontrol," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Cara kedua, meneruskan pembangunan tanggul di pesisir Jakarta. Fungsi tanggul pasir untuk menghalangi air laut masuk ke permukiman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proyek tanggul laut atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) terbagi dalam tiga fase, A, B dan C. Saat ini, Pemprov tengah membangun tanggul laut fase A di Jakarta Utara.
 
Baca juga:Anies Menanggapi Saran Ahok soal Banjir
 
Tanggul pantai di Pasar Ikan dan Kali Blencong di Jakarta Utara sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan selesai akhir tahun ini. Sementara tanggul pantai di Kamal Muara sekitar 50 persen.
 
Setiap kawasan memiliki panjang tanggul yang berbeda. Di Pasar Ikan, panjang tanggul sekitar 1,2 kilometer, sedangkan di Kamal Muara panjang tanggul 1,04 kilometer
 
"Setelah pembangunan tanggul laut, Kita bikin vertikal drainase agar tanah-tanah bisa menyerap dengan baik," ujar dia.
 
Tak kalah penting, lanjut Anies, membuat naturalisasi sungai. Anies menuturkan, proyek naturalisasi akan selesai akhir 2019.
 
"Naturalisasi untuk menghidupkan ekosistem sungai supaya satu airnya jernih, makhluk-makhluk bisa hidup di sana," pungkas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif