Kendaraan menerobos jalur bus TransJakarta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Ramdani)
Kendaraan menerobos jalur bus TransJakarta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Ramdani)

Tilang Elektronik di Jalur Transjakarta Dinilai Efektif

Nasional transjakarta
Theofilus Ifan Sucipto • 19 Februari 2019 12:39
Jakarta: Rencana PT TransJakarta menerapkan tilang elektronik di seluruh busway dinilai penting. Ini untuk mensterilkan jalur bus transjakarta dari kendaraan selainnya.
 
"Saya kira bagus sekali (rencana itu) dan efektif," kata Analis Kebijakan Transportasi dan Koordinator Koalisi Warga untuk Transportasi Indonesia, Azas Tigor Nainggolan kepada Medcom.id, Selasa 18 Februari 2019.
 
Azas menyebut rencana itu akan efektif mengingat penegakan hukum di jalur Transjakarta belum maksimal. Selain penegakan hukum, sulitnya sterilisasi di koridor-koridor Transjakarta juga karena minimnya petugas yang berjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengendara lain yang masuk ke jalur Transjakarta harusnya didenda Rp500 ribu, tapi begitu masuk ke pengadilan hakim hanya menjatuhi denda Rp50 ribu," kata dia.
 
Baca juga: PT TransJakarta Ingin Koridornya Diterapkan Tilang
 
Menurut Azas tilang elektronik dapat menimbulkan efek jera andai tegas diterapkan. Aturan hukum yang jelas dan tak bisa ditawar efektif menjerat pengendara yang nekat melintas jalur transjakarta.
 
"Yang penting bagaimana Transjakarta berkoordinasi dengan Polda Metro untuk penegakannya," kata Tigor.
 
PT Transjakarta berencana menerapkan sistem tilang elektronik dengan memasang kamera di 255 halte untuk 13 koridor. Tujuannya agar jalur itu steril dari kendaraan pribadi yang kerap menghambat perjalanan bus.
 
Hal ini berguna untuk memaksimalkan nilai jual Transjakarta sebagai bus rapid transit (BRT) yang mengedepankan kecepatan. "Bagaimana biar cepat? Jalur steril. Meskipun anggaran sedikit, akan berusaha bagaimana caranya cepat. Ini tujuan kita," kata Direkrut Operasional Transjakarta Daud Joseph di Balai Kota DKI beberapa waktu lalu.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif