Suasana Kawasan Muara Baru di Jakarta Utara (Foto: Metro TV)
Suasana Kawasan Muara Baru di Jakarta Utara (Foto: Metro TV)

Primetime News

Penurunan Permukaan Tanah di Pesisir Jakarta Kian Mengkhawatirkan, Ini Kata Warga

MetroTV • 14 Oktober 2021 01:16
Jakarta: Warga di Kawasan Muara Baru mulai merasakan dampak eksploitasi dan penggunaan air tanah yang berlebihan di DKI Jakarta. Dampak yang paling dirasakan adalah penurunan tanah sekitar 15 hingga 20 meter setiap tahunnya.
 
Salah satu yang merasakan dampak tersebut adalah Kawasan Muara Baru, RT 20/RW 17, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Akibat penurunan permukaan tanah, rumah-rumah warga di kawasan ini berada di bawah tanggul laut.
 
Hal tersebut dirasakan salah seorang warga bernama Rasdi yang sudah tinggal di Kawasan Muara Baru sejak 1980. Menurutnya, kawasan Muara Baru merupakan rawa atau daratan lumpur. Bahkan sebelumnya, kawasan tersebut juga lebih tinggi dari permukaan air laut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tadinya ini rawa. Setelah itu, air makin naik terus. Dulu masih lebih tinggi daratan daripada laut, semakin kesini malah makin menurun permukaan tanahnya," ujar Rasdi dalam tayangan Primetime News, Rabu, 13 Oktober 2021.
 
Berbagai kendala harus dirasakan warga di kawasan tersebut. Selain banjir Rob yang kerap melanda, warga juga mengeluhkan ketiadaan suplai air bersih. Bahkan untuk kebutuhan air bersih setiap dua hari sekali, warga harus mengeluarkan kocek sekitar Rp100 ribu. (Putri Purnama Sari)
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif