Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Kautsar.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Kautsar.

Anies Beberkan Penyebab Banyak Pasien Isoman Meninggal

Nasional DKI Jakarta Virus Korona covid-19 Isolasi Mandiri pandemi covid-19 Anies Baswedan Satu Tahun Covid-19 Isoman
Kautsar Widya Prabowo • 25 Juli 2021 17:07
Jakarta: Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kapasitas rumah sakit penuh selama Juni hingga Juli 2021. Hal itu menjadi penyebab pasien covid-19 meninggal saat isolasi mandiri (isoman).
 
"Jadi banyak dari warga yang seharusnya mendapatkan pelayanan di rumah sakit tidak bisa masuk rumah sakit, karena tempatnya memang terbatas," ujar Anies dalam acara deklarasi protokol kesehatan (prokes) secara virtual, Minggu, 25 Juli 2021.
 
Anies menekankan pihaknya tidak pernah menutup-nutupi angka kasus covid-19. Ia selalu melaporkan angka kasus penularan, meninggal, hingga sembuh, sesuai yang terjadi di lapangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Positivity Rate Turun, Anies Minta Warga Tetap Waspada
 
"Karena itu Jakarta mungkin satu-satunya yang punya data tentang isolasi mandiri (dengan) statusnya seperti apa," kata dia. 
 
Anies mengharuskan lurah, bintara pembina desa (babinsa), dan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) mengetahui pasien covid-19 yang isoman di setiap wilayahnya. Hal ini untuk mempertajam akurasi data.
 
Jumlah pasien covid-19 yang meninggal saat menjalani isoman meningkat. Tim LaporCovid19 mencatat 2.313 orang meninggal hingga Rabu, 21 Juli 2021.
 
Kasus kematian pasien covid-19 saat menjalani isoman terbanyak di DKI Jakarta. Jumlahnya mencapai 1.161 pasien. Disusul Jawa Barat 249 pasien, Jawa Tengah 141 pasien, Daerah Istimewa Yogyakarta 134 pasien. Lalu, Jawa Timur 72 pasien, Banten 68 pasien, dan provinsi lainnya.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif