Ilustrasi: RPTRA Kalijodo. Foto: Medcom.id/Anindya Legia.
Ilustrasi: RPTRA Kalijodo. Foto: Medcom.id/Anindya Legia.

Pembangunan RPTRA Berakhir Tahun Ini

Nasional ruang terbuka hijau
Nur Azizah • 05 Maret 2018 11:46
Jakarta: Pembangunan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) akan berakhir tahun ini. Alasannya, hampir seluruh kelurahan sudah memiliki RPTRA.
 
Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan tidak akan menganggarkan RPTRA untuk 2019. Namun, tak menutup kemungkinan bila ada pihak swasta yang ingin membangun RPTRA.
 
"Kalau APBD terakhir tahun ini. Kalau CSR mau membangun silakan. Kalau APBD enggak dianggarkan," kata Agustino saat dihubungi, Jakarta Pusat, Senin, 5 Maret 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agustino menilai pembangunan RPTRA sudah cukup. Hingga saat ini sudah sekitar 290 RPTRA yang dibangun.
 
Baca: Warga Pluit Diminta tak Berspekulasi
 
RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik. Fasilitas ini dilengkapi pengawasan CCTV dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komunitas yang ada di sekitar RPTRA tersebut.
 
Sarana ini dibangun tidak di posisi strategis. Dia berada di tengah permukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga sekitar.
 
RPTRA dibangun di masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama. RPTRA terbesar dan terlengkap yang pernah dibuat yakni RPTRA Kalijodo yang dulunya kawasan prostitusi.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif