Infografik ruang terbuka hijau Jakarta. Doc: Pemprov DKI
Infografik ruang terbuka hijau Jakarta. Doc: Pemprov DKI

Warga Pluit Diminta tak Berspekulasi

Nasional ruang terbuka hijau
Muhammad Al Hasan • 31 Januari 2018 17:59
Jakarta: Warga di sekitar ruang terbuka hijau (RTH) Kali Karang Pluit, Jakarta Utara, diminta tidak berspekulasi terkait rencana pembangunan gedung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jalur hijau itu dipastikan tidak akan dijadikan kawasan komersial.
 
"Itu kita mau tata, daerahnya mau kita bikin lebih bagus kok protes. Belum apa-apa tapi sudah salah paham, nanti kita sosialisasikan, kita lengkapi administrasinya dulu," kata Direktur Utama Jakarta Utilitas Propertindo, Chairul Hakim kepada Medcom.id, Rabu, 31 Januari 2018.
 
PT Jakarta Utilitas Propertindo merupakan salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta yang mendorong realisasi program OK-OCE (One Kecamatan One Center for Entrepreneurship).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chairul membenarkan di lokasi tersebut akan ditata sebagai taman binaan untuk UKM dan taman yang diperuntukkan sebagai kantong parkir. Ia menjamin pembangunan tidak akan mengenyampingkan sisi lingkungan dan sosial masyarakat setempat.
 
Baca: Warga Pluit Tolak Komersialisasi Ruang Terbuka Hijau
 
"Dampak lingkungan dan sosial tidak akan tereduksi, kita paham lah itu. Kita tidak bangun dalam bentuk gedung, tapi tepatnya taman parkir dan taman binaan UKM," Kata Chairul.
 
Chairul mengimbau masyarakat sekitar tidak risau terkait isu pemanfaatan lahan yang akan merugikan. Pihaknya menegaskan, penataan akan berhubungan dengan program OK-OCE yang menguntungkan wilayah.
 
"itu pokoknya untuk Kecamatan Pluit. Itukan OK-OCE, jadi bukan untuk kecamatan lain," kata Chairul.
 
Chairul mengatakan, pihaknya masih mengurus administrasi penataan kawasan RTH Kalikarang. Jakpro masih mendiskusikan rencana penataan dengan Pemprov DKI.
 
"Arahan dari Pak Wagub (Sandiaga Uno) belum ada, tapi kita mau masukin. Kita mau mengajukan supaya resmi. Karena kita enggak mau tanpa izin dan ilegal. Masa kita jadi contoh yang jelek," Kata Chairul.

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif