Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Anies Ingin DPRD Cepat Berikan Pasangan

Nasional cawagub dki Pengganti Sandiaga Uno
Theofilus Ifan Sucipto • 08 Agustus 2019 12:50
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap DPRD segera memilih wakil gubernur (wagub). Anies hampir satu tahun 'melajang' setelah Sandiaga Uno mundur pada 10 Agustus 2018.
 
"Harapan saya mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya berakhir," kata Anies di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Kamis 8 Agustus 2019.
 
Anies ingin DPRD DKI segera bersidang memilih pasangannya. Pasalnya, masa bakti Dewan berakhir Senin, 26 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap muncul sejarah baru. Saat terjadi kekosongan wagub, kata Anies, DPRD bertanggung jawab mengisinya.
 
"Nah ini tinggal sebulan mudah-mudahan mereka bersidang dan terpilih salah satu (wagub)," ujar Anies.
 
Pemilihan pengganti Sandiaga Uno belum kunjung rampung. Saat ini, Panitia Khusus (Pansus) menunggu rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan.
 
Namun sejauh ini, rapimgab pengesahan tertunda selama tiga kali. Ketua Panitia Khusus (Pansus) wagub DKI Mohamad Ongen Sangaji menuding kinerja Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD yang tidak cakap mengatur jadwal.
 
Rapimgab pertama ditunda karena banyak anggota Dewan yang tak hadir. Rapimgab kedua dan ketiga pun dibatalkan karena masalah yang sama.
 
Baca: PKB DKI Nilai Pemilihan Cawagub DKI Tak Mendesak
 
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdurrahman Suhaimi menyinggung ketidakhadiran pimpinan DPRD dalam rapimgab pemilihan calon wagub DKI. Rapimgab tidak bisa berjalan tanpa pimpinan Dewan.
 
"Mungkin kembali tanya ke pimpinan Dewan. Tidak mungkin anggota menggelar rapimgab tanpa pimpinan. Itu tinggal political will saja," kata Suhaimi saat dihubungi, Senin, 5 Agustus 2019.
 
PKS telah mengajukan dua calon wagub. Mereka adalah Sekretaris Umum DPW PKS DKI Agung Yulianto dan Mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif