Warga menaiki LRT dari Stasiun Boulevard Utara menuju Velodrome, Jakarta. Foto: MI/Ramdani
Warga menaiki LRT dari Stasiun Boulevard Utara menuju Velodrome, Jakarta. Foto: MI/Ramdani

LRT Dikomersialkan 1 Desember

Nasional lrt
Ilham Pratama Putra • 21 November 2019 18:05
Jakarta: Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta mulai beroperasi secara komersial per Minggu, 1 Desember 2019. Pada fase pertama, LRT melayani masyarakat di enam stasiun.
 
"Stasiun Velodrome, Stasiun Equestrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Boulevard Utara, dan Stasiun Pegangsaan Dua dengan jarak tempuh 5,8 kilometer," kata Direktur Utama LRT Jakarta Wijanarko di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Kamis, 21 November 2019.
 
Dari Stasiun Velodrome menuju titik akhir di Stasiun Pegangsaan Dua maupun sebaliknya akan memakan waktu tempuh kurang lebih 12 menit. Stasiun LRT ini telah terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"TransJakarta, KRL (Kereta Rel Listrik), MRT (Moda Raya Terpadu), dan angkutan umum reguler," jelas Wijanarko.
 
LRT Jakarta, kata dia, ditargetkan menggaet satu juta pelanggan setiap hari. Bagi dia, target ini menjadi tantangan besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.
 
"Dari uji publik empat bulan belakangan ini kita baru 6.528 pelanggan per hari. Tapi, saya yakin melihat grafik kenaikan pelanggan saat uji coba," terang dia.
 
Untuk satu kali jalan, LRT mengenakan tarif flat Rp5.000. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu uang elektronik maupun kartu Jak Lingko. LRT pun diharap mampu mendorong masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.
 
"Kami senantiasa untuk meningkatkan sarana dan prasarana. Dan mendorong program Pemprov agar masyarakat memilih transportasi publik dalam kegiatan di Ibu Kota," jelas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif