Pemprov DKI Pastikan MRT Fase II Tak Molor
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta memastikan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II tak akan molor. Sebelumnya, MRT rute Bundaran HI-Kampung Bandan dikhawatirkan mundur lantaran terkendala pembebasan lahan.

"Fase II itu enggak ada (molor). Tapi itu kan kegiatan strategis nasional. Itu enggak boleh (molor)," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Saefullah menegaskan MRT fase II harus berjalan sesuai rencana. Adapun anggaran pembebasan lahan yang sebelumnya dikhawatirkan tak diloloskan DPRD DKI sudah selesai dibahas.  


"Sudah oke (DPRD). Kalau enggak nanti enggak bisa jalan dong. Jepang sudah mau kerja Desember ini kan," ungkap dia.

Sebelumnya, anggaran pembebasan lahan senilai Rp217,6 miliar untuk fase II ditolak Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta. Anggota Banggar Ruslan Amsyari menolak anggaran ini masuk ke rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2019.

(Baca juga: Jokowi dan Anies Segendang Sepenarian di MRT Fase II)

Sebab, anggaran tersebut baru diusulkan. Selain itu, anggaran pembebasan lahan tidak ada di Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

"Saya minta ini ditolak. Karena ini tiba-tiba muncul, tidak ada di RKPD kegiatan pembebasan lahan untuk MRT fase II," kata Ruslan dalam rapat pembahasan di DPRD DKI Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Menanggapi pernyataan Ruslan, Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta Budi Setiawan mengatakan, bila anggaran ini tak diloloskan, maka pekerjaan fase II MRT terancam molor. Ia berharap, mata anggaran tersebut lolos agar tak menghambat pembangunan.

"Kita berharap diloloskan karena ini untuk pembangunan MRT fase II. Karena nanti fase II terhambat," tutur Budi di ruang rapat.

Budi mengungkapkan dana Rp217,6 miliar untuk pembebasan lahan seluas lima hektare. Lahan tersebut berada di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Kampung Bandan. Rencananya, lahan itu akan digunakan untuk mendirikan cooling tower (CT), ventilation tower (VT), serta entrance stasiun. 

 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id