Ilustrasi. Rangkaian kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia menjajal rute, Selasa (28/8/2018). Foto-foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi. Rangkaian kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia menjajal rute, Selasa (28/8/2018). Foto-foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Transportasi Minus Integrasi

Nasional mrt Proyek MRT transportasi
Putri Anisa Yuliani • 09 April 2019 11:47
Jakarta: Andai saja tahun lalu rencana induk transportasi Jabodetabek (RITJ) kelar dibuat, warga DKI Jakarta benar-benar akan dimanjakan. Rencana itu, setelah tuntas dieksekusi, akan membuat warga hanya perlu jalan kaki maksimal 500 meter untuk mencapai angkutan umum.
 
"RITJ gagal diimplementasikan. Salah satu penyebabnya, tender penunjukan konsultan gagal terlaksana," ujar Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian, Sri Haryati, di Komisi B DPRD DKI Jakarta, Senin, 8 April 2019.
 
Menurut dia, konsultan peserta lelang kekurangan data pendukung teknis. Anggaran untuk konsultan pun dikembalikan, tapi tahun ini kembali dianggarkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Sigit Widjatmoko menambahkan gagalnya lelang karena konsultan tidak mampu menyajikan data detail hingga tingkat kelurahan. Mereka hanya memberikan data sampai tingkat kecamatan.
 
"Kami butuh data angkutan lingkungan, jalan-jalan lingkungan sampai ke tingkat kelurahan. Tujuannya agar kami bisa mendapat data sangat rinci untuk mengintegrasikan angkutan," lanjutnya.
 
Baca: Pemprov DKI Diminta Selesaikan Rencana Induk Transportasi Jabodetabek
 
Lebih jauh Sri meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta lebih selektif dan belajar dari kegagalan lelang. Hal itu menyebabkan target pembuatan RITJ molor.
 
"Seharusnya lebih cepat lebih baik. Karena kita kan ingin secepatnya mengembangkan transportasi terintegrasi yang dibutuhkan masyarakat, dengan jaringan sangat luas dan bisa menjangkau warga," paparnya.
 
Terkait dengan perlunya konsultan asing dalam lelang itu, Sri mengaku pihaknya hanya mensyaratkan konsultan transportasi yang memiliki pengalaman serta level internasional. Itu bukan berarti harus dari negara asing. "Yang penting berpengalaman dan bisa menyajikan data akurat untuk menyusun rencana itu," ujarnya.
 
Sementara itu, Sigit mengaku untuk mempercepat proses penyusunan RITJ, pihaknya menambah sumber daya manusia. "Yang kemarin kurang sekali. Tahun ini, kami menambah SDM sehingga anggaran meningkat dari Rp2 miliar menjadi Rp4,5 miliar."
 
Dana besar
 
Gagalnya lelang penyelesaian RITJ juga menjadi sorotan anggota DPRD DKI Jakarta. Anggota Komisi B Ahmad Zaerofi mendesak RITJ segera dikebut.
 
"Setelah beroperasinya MRT dan sebentar lagi kereta ringan, Pemprov seharusnya sudah memiliki RITJ. Ini penting guna mengembangkan integrasi antara kedua moda dengan moda transportasi lain di masa mendatang," tegasnya.
 
Penyusunan RITJ merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait dengan pengembangan integrasi transportasi Jabodetabek yang digelar pada Januari lalu. Presiden menunjuk Pemprov DKI untuk menjadi penanggung jawab penyusunan rencana tersebut.
 
"Tentu saja ini harus dipercepat dan jangan sampai gagal lagi. Bisa tanya PT Jakarta Propertindo, pakai konsultan mana saat membangun LRT, dan bisa ditawari ikut lelang," lanjut Zaerofi.
 
Dia sepakat mendukung langkah percepatan penyusunan RITJ. DPRD juga tidak akan menghambat penggelontoran anggaran yang lebih besar.
 
Konsultan asing, tambahnya, tidak masalah. Anggaran tidak masalah karena uang DKI banyak. "Ini bukan kepentingan DKI saja, melainkan juga nasional."
 
Zaerofi mengingatkan saat menyusun RITJ, pemprov tidak hanya fokus membangun infrastruktur. Mereka juga harus memberikan kemudahan dalam mobilisasi masyarakat.
 
"Bukan fokus pada modanya, jumlahnya, dan berapa untungnya, melainkan bagaimana masyarakat ini mudah mengakses, terjangkau sehingga mudah bagi mereka berpindah, sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan," tandasnya.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif