Ilustrasi penahanan. Medcom.id
Ilustrasi penahanan. Medcom.id

2 Anggota TNI AU yang Bantu Rachel Vennya Kabur Karantina Ditahan

Nasional tni tni au wisma atlet jakarta Rachel Vennya karantina Rachel Vennya Kabur
Hilda Julaika • 21 Desember 2021 09:36
Jakarta: Polisi Militer TNI Angkatan Udara (Pomau) menahan prajurit FS dan IG. Keduanya diduga terlibat pelanggaran kekarantinaan kesehatan yang menyeret selebgram Rachel Vennya (RV).
 
"Penahanan kepada kedua oknum TNI AU itu dalam rangka proses penyidikan menyusul ditetapkannya selebgram RV sebagai tersangka oleh penyidik polisi beberapa waktu lalu," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 Desember 2021.
 
Penahanan oleh Pomau Koopsau I sebagai penyidik. Indan menyebut FS ditahan di rumah tahanan militer Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Sementara itu, penahanan IG menunggu surat penyerahan perkara dari Ankum (atasan yang berhak menghukum).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut penahanan terhadap keduanya sebagai bentuk keseriusan TNI AU menangani setiap permasalahan hukum prajurit. Indan memastikan kasus ini bakal diusut tuntas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
 
"Pomau sudah melakukan pemeriksaan pendalaman oknum prajurit FS dan IG yang diduga turut terlibat dalam perkara RV. Hal ini untuk membantu pihak kepolisian dalam proses hukum RV," beber dia.
 
Sebelumnya, Rachel Vennya tidak menjalani karantina usai pulang dari luar negeri. Aksi Rachel dibantu dua anggota TNI.
 
FS menyodorkan keputusan Kepala Satgas Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021, tanggal 15 September 2021, terkait siapa saja yang berhak mendapat fasilitas repatriasi karantina di RSDC Wisma Pademangan. Rachel Vennya tidak berhak mendapat fasilitas karantina mengacu keputusan yang diperlihatkan FS. Ditemukan adanya dugaan tindakan non-prosedural yang dilakukan FS.  
 
Anggota TNI itu mengatur agar Rachel dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri. Seharusnya, Rachel menerima surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 18 Tahun 2021, yang isinya tamu/warga yang baru datang dari luar negeri wajib melaksanakan karantina selama 8x24 jam atau 8 hari.
 
Baca: Terungkap, 2 Oknum TNI Bantu Rachel Vennya Kabur
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif