Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Suharso Monoarfa Kembali Dilaporkan ke KPK

Candra Yuri Nuralam • 14 Juli 2022 23:27
Jakarta: Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dilaporkan kembali ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan terkait dengan dugaan gratifikasi carter pesawat pribadi dalam kunjungan dinas ke Medan dan Aceh pada 2020.
 
"Kami sudah melampirkan beberapa bukti terkait perjalanan Suharso menggunakan pesawat jet pribadi," kata Ketua Indonesia Youth Community Network (IYCN), Fadli Rumakefing, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Juli 2022.
 
Fadli mengatakan fasilitas carter pesawat pribadi itu harusnya ditolak dengan tegas karena diyakini sebagai gratifikasi. Suharso dinilai memberikan contoh buruk sebagai penyelenggara negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu dalam hal ini, sangat bertentangan dengan etika pejabat yang tidak boleh menerima fasilitas dari luar," ujar Fadli.
 
KPK diharap menindaklanjuti laporannya. Fadli juga mengatakan bakal terus memantau perkembangan laporan itu di Lembaga Antikorupsi.
 
"Kami akan terus mengawal kasus ini sampai KPK benar-benar menindaklanjuti laporan kami," kata Fadli.
 

Baca: KPK Diminta Serius Menginvestigasi Dugaan Gratifikasi Carter Pesawat Suharso Monoarfa


Suharso tengah mendapatkan banyak protes belakangan ini. Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali didatangi massa. Aksi masih dengan tuntutan yang sama, meminta Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mundur dari jabatannya.
 
"Ini aksi keenam kami, yang merupakan keprihatinan terhadap sikap arogansi Suharso selaku Ketua Umum DPP PPP," ujar Ketua Front Kader Penyelamat PPP Syaiful Rachmat Basuki di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022.
 
Syaiful menyebut selama ini Suharso tidak bisa menjalankan partai sesuai dengan konstitusi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Sehingga, kata dia, hal itu bisa menghancurkan partai.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif