Sidang perdana terdakwa Joko Driyono - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Sidang perdana terdakwa Joko Driyono - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Joko Driyono Didakwa Mencuri CCTV

Nasional Pengaturan Skor Sepak Bola
Candra Yuri Nuralam • 06 Mei 2019 17:04
Jakarta: Mantan Plt. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono (Jokdri) didakwa melakukan pencurian. Dia dinilai jaksa penuntut umum mencuri CCTV yang merupakan barang bukti dari kasus yang sedang diselidiki Satgas Antimafia Bola.
 
"Walaupun barangnya (CCTV) milik sendiri (milik Jokdri) tetapi dalam penguasaan Satgas Antimafia Bola," kata Jaksa Penuntut Umum Sigit Hendradi saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.
 
Sigit menuturkan barang bukti yang diambil Jokdri sudah dipasangi garis polisi oleh Satgas Antimafia Bola. Jadi, tidak boleh dirusak atau diambil apalagi diganti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaksa mengungkapkan Jokdri juga mengganti beberapa bagian CCTV. Penggantian itu dilakukan untuk mengelabui petugas.
 
(Baca juga: Geledah Apartemen Jokdri, Satgas Sita 75 Barang Bukti)
 
"Tadi ada yang beberapa diganti termasuk CCTV dan beberapa part," beber Sigit.
 
Sigit menyebut Jokdri sengaja meminta orang lain untuk mengambil CCTV di ruangan supaya penyidik tidak mengetahui pihak-pihak yang menemuinya. Lantaran itu, penyidik hingga kini tidak mengetahui pihak-pihak yang keluar masuk ruangan Jokdri. 
 
"Saksi disuruh melakukan penghancuran barang bukti dengan alasan agar Satgas Antimafia Bola tidak bisa mengetahui siapa saja yang bertemu dengan Jokdri," tutur Sigit.
 
Akibat perbuatannya itu, Jokdri didakwa melanggar Pasal 363, Pasal 235 dan Pasal 221 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif