Peramu ramuan herbal yang diklaim bisa menyembuhkan covid-19 Hadi Pranoto. Foto: Medcom.id/Rizky
Peramu ramuan herbal yang diklaim bisa menyembuhkan covid-19 Hadi Pranoto. Foto: Medcom.id/Rizky

Hadi Pranoto Ancam Tuntut Muannas Ganti Rugi Rp146 Triliun

Nasional Virus Korona Hadi Pranoto
Siti Yona Hukmana • 04 Agustus 2020 14:11
Jakarta: Pembuat herbal antibodi covid-19, Hadi Pranoto, mengaku bakal melaporkan balik Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Upaya itu dilakukan jika laporan polisi yang dilayangkan Muannas berujung mencemarkan nama baik terhadapnya.
 
"Saya akan lapor balik dan itu pasti saya akan meminta uji materiel dan membayar ganti rugi materiel kepada saudara pelapor (Muannas) sebesar 10 miliar US Dollar (Rp146 triliun)," kata Hadi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 4 Agustus 2020.
 
Menurut Hadi, hal ini konsekuensi dari tindakan Muannas. Nilai ganti rugi itu dianggap tidak seberapa dibanding hasil karya yang telah didapatkannya selama ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya memberikan edukasi kepada masyarakat, menyampaikan ini ada herbal bagus. Sama saja seperti kita minum jamu yang membuat badan menjadi segar, kuat, sehingga kita tidak gampang terserang oleh flu. Kita akan terbebas dan bisa melawan covid-19," ungkap Hadi.
 
Hadi mengatakan wawancara dengan influencer Erdian Aji Prihartanto alias Anji dalam akun YouTube semata untuk kepentingan bangsa dan negara, bukan kepentingan pribadinya. Dia kecewa pembuatan herbal antibodi covid-19 dianggap berita bohong, sedangkan dia telah menelitinya.
 
"Kalau tidak ada hasil (penelitian), ya tidak mungkin masyarakat mau mengonsumsi lagi," ujar dia.
 
Dia menyebut masyarakat kerap mengaku segar dan dapat beraktivitas kembali setelah meminum obat herbal ramuannya. Dia juga menuturkan pembuatan herbal antibodi bertujuan untuk meringankan beban pemerintah.
 
"Itu pemerintah bisa kita support, kebijakan Presiden (Joko Widodo) kita bisa support, kita bisa meringankan dan memberikan suatu dampak yang positif kepada masyarakat Indonesia yang saat ini terpapar covid-19," kata dia.
 
Muannas Alaidid melaporkan Hadi Pranoto dan influencer Anji ke Polda Metro Jaya pada Senin malam, 3 Agustus 2020. Laporan ini buntut klaim Hadi yang mengaku telah menemukan obat covid-19 dalam wawancara di akun YouTube milik Anji.
 
Baca: Hadi Pranoto Emoh Beberkan Latar Pendidikan
 
Konten YouTube yang ditayangkan musisi Anji pada Sabtu, 1 Agustus 2020, menuai polemik di tengah publik. Pendapat 'Profesor' Hadi Pranoto dalam konten itu ditentang akademisi, ilmuwan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, influencer, hingga masyarakat luas.
 
Laporan Muannas terdaftar dengan nomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ bertanggal 3 Agustus 2020. Terlapor disangkakan melanggar Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 45a Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif