Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar. Foto: Antara/Widodo S Jusuf.
Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar. Foto: Antara/Widodo S Jusuf.

Hakim Agung Artidjo Alkostar Pensiun

Nasional mahkamah agung
Dheri Agriesta • 22 Mei 2018 17:22
Jakarta: Artidjo Alkostar mengakhir masa pengabdian sebagai hakim agung. Dia memasuki masa purnabaktinya hari ini.
 
"Iya betul, per hari ini, 22 Mei 2018," kata juru bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 22 Mei 2018.
 
Hari ini, Artidjo genap 70 tahun. Berdasarkan Pasal 11 huruf b Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang MA, ketua, wakil ketua, ketua muda MA, dan hakim agung diberhentikan dengan hormat dari jabatannya oleh presiden atas usulan MA bila telah berusia 70 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suhadi memastikan tak ada perkara yang sedang ditangani Artidjo. Artidjo terakhir bersidang sekitar tiga atau empat hari yang lalu. "Kan beliau yang membagi perkara, jadi beliau yang mengukurnya itu," jelas Suhadi.
 
Baca: MA Usul Rekrut 11.500 CPNS Non-Hakim
 
Artidjo adalah alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang dikenal aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta. Dia juga mendirikan kantor hukum Artidjo Alkostar and Associates yang fokus terhadap pembelaan masyarakat terpinggirkan dan hak asasi manusia.
 
Karier menjadi hakim agung dimulai sejak 2000. Saat itu, Artidjo diminta bergabung dengan MA oleh Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra.
 
Selama 18 tahun berkarier menjadi hakim agung, Artidjo dikenal garang mengadili kasus tindak pidana korupsi. Terakhir, Artidjo adalah salah satu hakim yang mengadili peninjauan kembali kasus penistaan agama oleh mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif