MA Usul Rekrut 11.500 CPNS Non-Hakim
ILustrasi gedung MA--MI/Susanto
Padang: Mahkamah Agung (MA) mengusulkan merekrut 11.500 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) nonhakim di seluruh Indonesia pada 2018. Usulan tersebut telah disampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB). 
    
"Saat ini kami masih menunggu keputusan tersebut," kata Sekretaris MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo saat mengunjungi PN Tipikor di Padang, Jumat, 11 Mei 2018.

Menurut dia, perekrutan ini tidak hanya untuk CPNS nonhakim, tapi juga untuk hakim dan calon hakim. Diharapkan perekrutan ini bersamaan dengan penerimaan CPNS di seluruh lembaga kementerian di seluruh Indonesia, termasuk MA.    

"Hampir di seluruh Indonesia termasuk Sumatera Barat kondisi Hakim dan nonhakim masih mengalami kekurangan," ucapnya.
    
Untuk penerimaan hakim pihaknya mengusulkan penambahan sebanyak 600 hakim. "Kita mendesak Kementerian PAN RB segera memenuhi kebutuhan ini, sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan lebih efektif," ujarnya.
    
Ketua Pengadilan Negeri Klas IA Padang Bambang Hery Mulyono mengatakan saat ini jumlah hakim yang bertugas sebanyak 15 orang. Namun, karena ada yang sakit, yang berfungsi optimal hanya 12 orang.
    
"Kami tidak dapat meminta tambahan karena kondisinya sama-sama kekurangan. Sehingga kami berupaya mengoptimalkan sumber daya manusia yang
ada," ujarnya.


    
Untuk tenaga nonhakim juga bernasib sama. Ada yang pensiun dan mutasi ke lain pengadilan, namun yang masuk lebih sedikit.

"Kami juga menyampaikan kepada Sekretaris MA bahwa kami membutuhkan tenaga kontrak yang bertugas bukan dalam bidang teknis. Semoga kebutuhan ini dapat
segera terpenuhi," terang dia.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id