Muhammad Rizieq Shihab bebas bersyarat pada Rabu, 20 Juli 2022. Foto: Dok Ditjen PAS Kemenkumham
Muhammad Rizieq Shihab bebas bersyarat pada Rabu, 20 Juli 2022. Foto: Dok Ditjen PAS Kemenkumham

Bebas Bersyarat, Rizieq Berstatus Tahanan Kota

Media Indonesia.com • 20 Juli 2022 12:11
Jakarta: Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab bebas bersyarat hari ini. Ia mengungkapkan kalau saat ini statusnya adalah tahanan kota.
 
"Bahwa saya bebas bersyarat dan kini saya berstatus tahanan kota," kata Rizieq melalui tayangan live streaming YouTube Islami Brotherhood TV, Rabu, 20 Juli 2022.
 
Rizieq menjelaskan bebas bersyarat ini diberikan oleh pihak lembaga pemasyarakatan (lapas), bukan pemberian dari pihak mana pun. Istrinya, Syarifah Fadhlun Yahya, menjadi jaminan bebas bersyarat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada akhirnya juga harus keluarga juga yang harus memberikan jaminan untuk pembebasan bersyarat. Jadi ini sengaja saya garis bawahi pembebasan bersyarat saya bukan pemberian partai politik bukan pemberian pejabat bukan pemberian kekuasaan, tapi ini merupakan satu proses hukum," ujar Rizieq.
 

Baca: Bebas Bersyarat, Rizieq Dipastikan Tak Gelar Kegiatan di Petamburan


Rizieq menjalani pidana penjara di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri atas dua tindak pidana terkait Kekarantinaan Kesehatan berdasarkan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan tindak pidana menyiarkan berita bohong berdasarkan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan tentang Hukum Pidana.
 
Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti mengonfirmasi bahwa Rizieq berstatus warga binaan dari Rutan Cipinang. Tetapi, berubah penempatannya di Rutan Bareskrim Polri.
 
"Kalau penempatannya di Rutan Bareskrim, tapi kalau statusnya warga binaan dari Rutan Cipinang. Tentunya penempatan di Rutan Bareskrim adanya pertimbangan-pertimbangan sehingga yang bersangkutan di tempatkan di Rutan Bareskrim, salah satunya pertimbangan keamanan," ungkap Rika.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif